Sinopsis Anime Hibike Euphonium | Sound! Euphonium

Hibike Euphonium adalah kisah klub Konser Band di SMA Kitauji. Band ini mengambil bagian baru dari Freshman termasuk karakter utama kita, Kumiko Oumae dan sedang bersiap untuk tahun depan. Kehadiran penasehat baru, Noboru Taki yang memberi band pilihan antara hanya bermain untuk iseng, atau untuk tujuan berkompetisi di tingkat nasional.

Band memilih yang terakhir. Namun, pilihan itu mungkin tidak dibuat dengan sungguh-sungguh, dan para anggota band mungkin tidak menyadari dengan tepat apa yang telah mereka lakukan.

Sinopsis Anime Hibike! Euphonium | Sound! Euphonium

Jika Anda pernah menikmati pertunjukan KyoAni sebelumnya atau menikmati genre drama slice of life/SMA, maka Hibike! Euphonium mudah untuk direkomendasikan. Jika Anda juga penggemar acara musik, ini adalah sesuatu yang harus Anda dengarkan. 

Saya pikir secara keseluruhan, Hibike! Euphonium adalah drama yang digerakkan oleh karakter yang dibangun di sekitar pengalaman karakter ke klub dan menghubungkan pengalaman mereka dengan orang lain dalam persahabatan mereka dan juga, konflik.

Sinopsis Hibike Euphonium

Hibike Euphonium menceritakan tentang seorang euphonist bernama Oumae Kumiko yang bersumpah untuk tidak bermain musik lagi setelah insiden saat SMP. Sekarang dirinya telah masuk ke SMA dan berharap untuk awal yang baru.

Namun sepertinya sudah takdir, dirinya dikelilingi oleh orang-orang musik yang mengajaknya untuk bergabung kedalam klub orkestra. Kumiko pun termotivasi untuk memulai karir musik sekali lagi dengan bantuan teman-teman bandnya, seperti Hazuki Katou, Sapphire Kawashima dan Asuka Tanaka.

Kumiko dan teman-temannya bertujuan untuk lolos dalam kompetisi nasional. Namun usaha mereka untuk lolos dalam kompetisi nasional tidaklah mudah. Mereka harus dapat bersaing dahulu dalam kompetisi lokal, belum lagi rintangan yang Kumiko hadapi saat mengingat insiden masa lalunya.

Hibike Euphonium Characters

Kumiko Oumae

Hibike Euphonium Characters - Kumiko Oumae

Pengisi Suara: Tomoyo Kurosawa

Kumiko adalah karakter utama dari serial ini, dan dia bersekolah di SMA Kitauji karena dia ingin awal yang baru. Dia masuk dengan maksud untuk tidak melakukan band lagi, dan bahkan ketika dia kembali ke band, dia mencoba untuk memulai instrumen lain. 

Berita terkait:   #6 Anime Mirip Komi-san wa Comyushou desu

Pada akhirnya, dia mengambil Euphonium lagi, yang memberi nama seri itu. Kumiko mungkin ingin tumbuh sedikit lebih cepat daripada dia sekarang, tetapi juga tampaknya sangat sibuk dengan masa lalu. 

Dia tampaknya memiliki hubungan yang bermasalah dan rumit dengan saudara perempuannya serta Reina Kousaka, karakter utama lain dengan siapa Kumiko pergi ke sekolah menengah. 

Kumiko merasa sangat tidak nyaman atas satu komentar tertentu yang dia buat yang menurutnya (dan tampaknya memang) menyakiti perasaan Reina. Tetap saja, Kumiko sangat membantu band.

Reina Kousaka

hibike euphonium - Reina Kousaka

Pengisi Suara: Chika Anzai

Jika Kumiko tidak ingin (atau mengira dia ingin) tidak ada hubungannya dengan musik, tampaknya Reina adalah kebalikannya. Seorang pemain terompet yang sangat baik, Reina menerima pelajaran privat selain bekerja dengan rajin di band sekolah. 

Mengapa dia pergi ke Kitauji masih menjadi misteri, karena mereka tidak terkenal sama sekali untuk klub musik mereka. Dia tipe yang kuat namun pendiam, dan bersedia untuk menghadapi orang-orang jika sesuatu yang dia pedulikan dipertaruhkan.  

Di balik kepribadiannya yang pendiam, terdapat luapan emosi yang dalam dan seperti Kumiko, ada banyak hal dalam dirinya yang tidak kita ketahui pada awalnya.

Apa yang menarik dari karya ini?

Saya sebutkan sebelumnya bahwa pertunjukan ini adalah drama karakter dan aset terbesar pertunjukan ada di sana. Itu dapat menghadirkan berbagai jenis kepribadian, sikap, dan cerita latar belakang dan pengalaman hidup di sekitar klub musik. Yang merupakan kekuatan pendorong utama dari cerita tersebut.

Kita memiliki karakter yang terpikirkan dengan baik, berbeda satu sama lain, segar, dan kurang bergantung pada metafora dan klise yang berlebihan. Pertunjukan ini adalah tentang bagaimana orang-orang berkumpul dan bekerja sama untuk mencapai sesuatu. Apakah mencoba untuk mencapai tujuan yang tinggi atau hanya mencoba untuk bersenang-senang. Sejauh ini, pertunjukan tampaknya bekerja pada bagaimana kelompok masyarakat mengelola keputusan dalam kelompok dan mengelola aspirasi dan keinginan anggota yang berbeda.

Berita terkait:   Oregairu Season 3 Siap Hadir? Cek PV Nya

Hibike Euphonium Movies

Dengan konfirmasi Hibike Euphonium season 2, tanggal rilis untuk movie tersebut pun diumumkan. Film ini tayang di bioskop pada 23 April 2016.

Film ini berjudul Hibike! Euphonium the Movie: Welcome to the Kitauji High School Concert Band, dan akan menjadi rekap dari musim pertama. Musim kedua kemudian akan menjadi kelanjutan dari cerita berikut dari mana musim pertama berakhir.

Sinopsis

Setelah mengundurkan diri dari musik karena insiden di kompetisi band kuningan regional sekolah menengah, pemain euphonist Kumiko Oumae memasuki sekolah menengah dengan harapan untuk awal yang baru. Seperti sudah terhubung dengan benang merah, dia akhirnya berada di sekitar orang-orang yang tertarik dengan band kuningan sekolah menengah.

Kumiko menemukan motivasi yang dia butuhkan untuk membuat musik sekali lagi dengan bantuan teman bandnya. Beberapa di antaranya baru seperti tubist pemula Hazuki Katou; kontrabass veteran Sapphire Kawashima; dan wakil presiden band dan sesama euphonist Asuka Tanaka.

Yang lain adalah teman lama, seperti teman masa kecil Kumiko dan Shuuichi Tsukamoto yang berubah menjadi hornist dan trombon, dan pemain terompet dan teman band dari sekolah menengah, Reina Kousaka.

Namun, di band itu sendiri, kekacauan berkuasa. Terlepas dari niat mereka untuk lolos ke kompetisi band nasional, seperti saat ini, bersaing di festival lokal saja akan menjadi tantangan. Kecuali penasihat band baru Noboru Taki melakukan sesuatu tentang hal itu.

Dari studio yang menganimasikan Suzumiya Haruhi no Yuuutsu, Hibike Euphonium adalah film segar dan musikal dari slice of life pokok. Yang merupakan perjuangan siswa sekolah menengah untuk menghadapi masa lalu mereka, menemukan romansa, dan mewujudkan impian dan aspirasi mereka.

Berita terkait:   Anime Movie 2023 "Blue Giant" Trailer, Sinopsis, Tanggal Rilis, dan Banyak Lagi

Sumber: MAL, Honey’s Anime

Hibike Euphonium | Penutup

Hibike Euphonium (Sound! Euphonium)

Hibike Euphonium memiliki daya tarik yang luas dan daya tarik khusus yang signifikan. Jika Anda memiliki minat sedang pada genre sekolah menengah atau potongan kehidupan, saya dapat dengan mudah merekomendasikan acara ini.

Adapun Niche, jika Anda pernah menjadi anggota band konser, ini adalah acara yang ingin Anda ikuti segera. Untuk yang belum tahu, band konser pada dasarnya adalah orkestra tanpa instrumentasi string, meskipun beberapa memiliki double bass.

Band Konser juga biasanya memiliki saksofon, yang jarang dilakukan orkestra tradisional. Ini memberikannya suara yang unik dan berbeda yang mudah diingat jika Anda pernah berada di band konser, dan suara itu terdengar dalam Hibike! Euphonium.

Pada saat yang sama, tidak begitu mendalami musik itu sendiri menjadi hambatan bagi mereka yang tidak terlalu tertarik dengannya. Tidak ada diskusi panjang tentang terminologi atau teori musik, dan ketika mereka perlu membahasnya secara mendalam, itu berfungsi dengan baik untuk memberi Anda eksposisi yang tepat sehingga Anda tahu apa yang sedang terjadi.

Kekuatan utama Hibike Euphonium bukanlah seni yang ditampilkan oleh karakter utama, tetapi seni yang dibawa ke pertunjukan itu sendiri. Jika ada satu adegan yang memantapkan ini sebagai anime runner terdepan musim ini, adalah Reina yang memerankan Antonin Dvorak di bukit yang menghadap ke sekolah.