Trik Meningkatkan Pendapatan AdSense Blog Yang Fantastis

Meningkatkan Pendapatan AdSense
Hai pembaca Im4j1ner… Senang rasanya masih bisa di beri kesempatan untuk berbagi lagi dengan kalian. Pada hari yang nyaman dan tenang untuk menulis ini, saya ingin berbagi tips bagi para pemburu dollar AdSense khusus untuk blog. Bila sebelumnya saya sudah menulis tentang bagaimana caranya agar blog di terima Google AdSense, kini saatnya kita mengatur strategi agar pendapatan Google AdSense meningkat.
Postingan seperti ini mungkin sudah banyak yang di bahas oleh blogger lain di blog mereka. Dan menurut sudut pandang saya, tips-tips yang mereka berikan sangatlah membantu dan benar-benar terbukti. Tapi ijinkanlah untuk saya ikut juga memberikan tips yang saya terapkan di blog ini. Dan ini khusus untuk pemula saja, karena yang udah mastah, mungkin tidak memerlukan artikel seperti ini lagi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Trik meningkatkan pendapatan AdSense

1. Penempatan iklan AdSense
Sejauh ini AdSense terus memperbarui fitur-fitur iklan mereka, sehingga membantu para publisher nya untuk mendapatkan pendapatan yang lumayan besar. Akan tetapi permasalahannya adalah, iklan AdSense adalah berupa kode. Semenarik apapun tampilan iklan AdSense di blog kita, jika kita tidak tahu cara agar iklan tesebut mengundang klik dari para pembaca, mungkin akan sedikit sia-sia. Untuk itu mari kita belajar bersama-sama bagaimana caranya agar iklan AdSense yang muncul di blog kita, di klik oleh pembaca secara original (berdasarkan keinginan pembaca sendiri).
AdSense melarang kita untuk mengklik iklan sendiri dan menyuruh orang lain untuk mengklik iklan di blog kita, karena AdSense pun tidak mau merugikan perusahaan yang memasang iklan di layanan mereka. Untuk itu yang saya tekankan pertama kali adalah, jangan klik iklan sendiri, dan jangan menyuruh pembaca mengklik iklan yang muncul.
Banyak blog atau situs besar yang memodifikasi kode iklan AdSense, sehingga membuat pembaca terpaksa mengklik iklan tesebut dan sangat mengganggu kenyamanan pembaca. Tentu saya tidak menginginkan hal itu terjadi pada pembaca blog saya. Mungkin saya menaruh banyak iklan di laman blog ini, namun saya juga memikirkan kenyamanan pembaca. Untuk itu saya tidak pernah memodifikasi kode iklan AdSense yang dapat menggangu kenyamanan pembaca.
Lantas, bagaimana caranya agar pembaca mengklik iklan atas dasar kemauannya sendiri?
Itu adalah pertanyaan yang sering di tanyakan. Bahkan saya pun pernah bertanya-tanya seperti itu. Akan tetapi, kita harus tau strategi yang jitu agar pembaca mau mengklik iklan yang muncul di blog kita atas dasar kemauannya sendiri.
Iklan AdSense adalah iklan yang paling relevan dari semua jenis layanan pengiklan di situs atau blog. Karena AdSense memanfaatkan cache dan cookie pada perangkat yang di gunakan pembaca. Jika misal seorang pembaca telah mendownload aplikasi game di PlayStore, ketika mampir di blog kita dan melihat iklan AdSense di blog kita, biasanya iklan yang muncul adalah iklan game yang baru saja pembaca tersebut download. Untuk itu, akan ada kemungkinan bagi pembaca mengklik iklan yang muncul di blog kita.
Selain itu, iklan AdSense juga menyesuaikan tayangan iklan mereka dengan mendeteksi riwayat dari browser pembaca. Jika pembaca habis browsing mencari artikel tentang membuat komik misalnya, bisa saja iklan yang muncul adalah iklan aplikasi untuk membuat komik. Bukankah itu akan menggoda untuk di klik? Jadi jangan khawatir tidak dapat klik.
Lalu bagaimana penempatan iklan yang benar?
Tim AdSense pun ikut memberikan tips bagaimana penempatan iklan yang pas. Untuk itu, disini saya pun akan ikut memberikan tips.

Berita terkait:   Bayi Baru Lahir 17 Hari Di Culik Oleh Seekor Monyet Setelah Di Temukan Bikin Nyesek

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


a. Pasang iklan di paragraf kedua artikel
Jika biasanya blogger lain memasang iklan di bawah judul postingan, saya lebih memilih memasang iklan setelah paragraf kedua pada artikel. Mungkin saya juga pernah memasang iklan di bawah judul. Tapi ternyata lebih efektif yang di bawah paragraf kedua. Kenapa seperti itu? Di karenakan menurut tim AdSense, pada saat pembaca membuka konten kita, maka pembaca biasanya langsung berfokus pada artikel kita. Bukan gambar maupun iklan.
Sementara itu, iklan AdSense pun perlu waktu untuk benar-benar tampil di blog kita. Jika saja koneksi internet pembaca kencang, ada kemungkinan iklan cepat tayang dan di lihat pembaca. Namun bagaimana bila koneksi internet pembaca lemah? Otomatis iklan pun akan lambat di muat. Sehingga pembaca tidak ada waktu untuk menunggu loading iklan, dan langsung scroll ke bawah untuk segera membaca artikel kita.
Berbeda bila memasang iklan di bawah paragraf kedua. Meskipun koneksi internet pembaca lemah, ada kesempatan waktu untuk ikan AdSense tampil dengan sempurna. Karena otomatis pembaca akan lebih dulu membaca paragraf pertama yang muncul. Nah, sedikit tips dari saya bila kamu memasang iklan di bawah paragraf kedua, pastikan paragraf pertama agak panjang, agar waktu untuk iklan AdSense tampil pun cukup. Dan ketika pembaca scroll ke bawah, iklan sudah siap untuk di lihat dan bahkan untuk di klik.

b. Pasang 2-3 unit iklan AdSense di tengah artikel
Ini adalah tips standar agar iklan berpotensi banyak di lihat dan RPM meningkat. Sebenarnya, pihak AdSense sekarang tidak membatasi jumlah iklan yang di tampilkan pada blog kita, bahkan saya pun kadang lebih dari 3 unit iklan yang di pasang di tengah artikel. Kenapa begitu! Karena yang terpenting adalah “jumlah iklan tidak boleh melebihi konten.” Itupun saran dari tim AdSense, dan saya ikuti. Dan hasilnya, RPM lumayan meningkat setiap harinya.

Maksudnya iklan tidak boleh melebihi konten itu apa? Mungkin kamu masih bingung, ya?
Maksudnya adalah, jika kita ingin memasang 2 unit iklan pada tengah artikel, kita harus pikirkan dulu jumlah kata pada artikel kita. Jika artikel kita hanya berjumlah 100 kata dan di pasangi 2 unit iklan AdSense, itu sangatlah tidak di sarankan. Karena tim AdSense mengira, bahwa kamu lebih mementingkan pendapatan di banding kepuasan pembaca. 
Maka bisa saja itu di jadikan pelanggaran. Untuk itu, jika ingin memasang banyak unit iklan AdSense di tengah postingan, kita harus perkirakan dulu jumlah kata pada artikel kita. Jika hanya 100 kata, taruhlah 1 unit iklan AdSense di akhir artikel.

c. Ukuran iklan
Untuk ukuran iklan, saya lebih memilih yang responsif. Karena meski di buka pada perangkat manapun, iklan AdSense akan menyesuaikan dengan sendirinya. Akan tetapi, kamu boleh kok bereksperimen sendiri mengenai ukuran iklannya. Karena banyak juga loh mastah yang memberikan tips ukuran iklan yang berpotensi mendapat klik yang banyak dengan BPK yang tinggi. Untuk itu, silahkan bereksperimen sendiri mengenai ukuran iklan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


2. Tingkatkan trafik blog
Banyak para blogger pemula yang ketika pertama kali membuat blog langsung berfokus pada Google AdSense. Sehingga waktu yang di gunakan untuk meningkatkan trafik blog, terbuang percuma hanya untuk mencari trik agar di terima Google AdSense, yang pada dasarnya itu adalah relatif. Kenapa relatif? 
Karena blog yang di kira sesuai dengan AdSense, belum tentu di terima. Sedangkan blog yang berantakan seperti blog ini bisa di terima. Jadi tidak ada trik pasti untuk di terima Google AdSense. Untuk itu, alangkah baiknya untuk meningkatkan trafik lebih dulu sambil menunggu persetujuan dari AdSense.
Hal ini agar mengantisipasi kegalauan setelah di setujui oleh AdSense. Dan sekarang sudah banyak contohnya, dimana blogger pemula yang sudah di terima AdSense, kebingungan bagaimana agar trafik meningkat dan cepat dapat gaji dari AdSense.
Untuk itu, bila kamu pun sekarang demikian, mulailah untuk memikirkan strategi bagaimana agar trafik meningkat?

a. Promosi
Kamu bisa melakukan promosi dari yang berbayar hingga gratis. Bila kamu memilih yang gratis, maka manfaatkanlah media sosial dengan sebaik-baiknya (sebelum di blokir pemerintah) tapi dengan catatan jangan sampai nyepam! Carilah sebuah forum atau grup atau komunitas yang sesuai dengan Niche blog kamu. 
Tapi jangan sekali-kali kamu posting konten blog kamu di komunitas IAPD (Indonesian AdSense Publisher Discussion) di Google plus. Kalau kamu maksa, maka kamu akan di anggap spam dan di keluarkan dari grup, bahkan yang lebih parah akun kamu bisa di report ke tim Google dan bisa di banned.

b. Targetkan kata kunci
Jangan sepelekan kata kunci! Karena kata kunci yang tertarget, akan mampu menghasilkan pengunjung organik. Pengunjung organik adalah, pengunjung yang datang melalui mesin telusur, seperti Google. Untuk itu mulailah belajar trik SEO dan belajar menargetkan kata kunci di setiap artikel kamu. Karena saya sudah membuktikan sendiri, artikel yang saya buat dari tahun 2016, sampai sekarang terus mendapat tayangan organik dan terus bertambah jumlah view nya. Itu semua karena kata kuncinya tertarget.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nah, mungkin untuk hari ini cukup itu dulu. Jangan banyak-banyak, nanti bisa-bisa kepala kamu meledak.
Jika menurut kamu artikel ini ada sedikit manfaatnya, maka silahkan di praktekan cara standar di atas. Dan kalau kamu ingin bereksperimen sendiri juga silahkan, yang penting jangan sampai malas membuat konten. Dan nanti akan saya bahas lebih lanjut tentang trik ini pada bagian kedua hehehe…. see you….


Baca juga: Trik Meningkatkan Pendapatan AdSense Blog Bagian 2

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});