6 Keutamaan Menjalankan Shalat Istikharah | Shalat Untuk Menentukan Pilihan

Shalat Istikharah – Layaknya manusia biasa, kita pasti pernah dihadapkan pada sebuah pilihan yang mungkin bisa dibilang sangat membingungkan sehingga membuat kita sulit untuk memilihnya. Namun, sebagai manusia yang beragama dan percaya adanya tuhan, maka sudah seharusnya kita memohon petunjuk kepada-Nya. Karena hanya ialah yang maha mengetahui mana yang terbaik untuk kita.

Dalam agama islam, bila kita mendapatkan sebuah pilihan yang sulit, maka kita dianjurkan untuk mengerjakan shalat istikharah. Namun pada postingan kali ini saya tidak menerangkan tentang tata cara shalat istikharah maupun doa istikharah. Saya hanya menuliskan tentang keutamaan menjalankan shalat istikharah saja.

Kalau kamu mau tahu tentang tata cara shalat istikharah dan yang lainnya, maka kamu bisa membacanya melalui link ini: Tata Cara Shalat Istikhara, Doa Shalat Istikharah, Dan Waktu Pelaksanaan Shalat Istikharah 

Shalat istikharah diyakini sangat ampuh dalam menentukan pilihan. Karena, kita langsung mendekatkan diri kepada sang pencipta dan memohon petunujuk-Nya secara langsung. Dibanding bertanya kepada teman yang nantinya bocor dan tidak menyelesaikan masalah apapun, bukankah lebih baik bertanya langsung ke sumbernya, yaitu Allah?

Dengan menggantungkan segala urusan dunia kepada sang pencipta, percayalah hidup kita akan lebih mudah dan masalah akan beres seperti kita tidak pernah berhadapan dengan masalah apapun. Kalau kamu percaya bahwa Allah itu ada, maka sudah sepatutnya kamu untuk mempercayai juga urusanmu kepada-Nya. Dekatkanlah diri pada-Nya, dan ceritakanlah semua masalahmu pada-Nya. Allah itu maha tahu dan maha penyayang. Jadi pasti, Allah akan memberitahu kamu mana yang terbaik buat kamu, cepat atau lambat. Itu semua karena Allah menyayangimu.

Nah, kalau kamu masih ragu untuk mengerjakan shalat istikharah, maka ada baiknya kamu untuk membaca keutamaan shalat istikharah, agar kamu jadi makin yakin dan mantap, untuk shalat istikharah.

Rekomendasi  Cara Mengembalikan Partisi Hardisk Yang Hilang

Keutamaan Shalat Istikharah

 Ada beberapa keutamaan shalat istikharah yang bisa kita dapatkan jika kita laksanakan dengan baik dan kelurusan niat. Berikut adalah 6 keutamaan dari melaksanakan shalat istikharah saat terjadi dilema dalam memilih, seperti yang dilansir dari situs thegorbalsla.com.

1. Menyerahkan Hasil Pada Allah

“Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51)

Di dalam hidup di dunia ini pasti kita sering menghadapi dilema yang membuat kita menghadapi pilihan yang sulit. Hal tersebut membuat kita berfikir keras bagaimana menyelesaikan masalah dari kebimbangan tersebut. Dengan sholat istikharah memohon petunjuk kepada Allah terhadap kesulitan yang kita alami dapat membuat jiwa kita berserah diri pada setiap keputusan yang diberikan Allah.

Karena pada dasarnya sholat istikharah adalah permohonan petunjuk dari hamba kepada tuhannya agar diberikan jalan terhadap segala ikhtiar atau usahannya selama ini. Selain itu sebagai manusia yang meminta kemantapan hati dalam segala pilihan sulit, kita harus menyerahkan segala hasil yang kita pilih kepada Allah. Agar jalan kita selalu tepat dan diiringi segla keridhoan Allah.

Dengan sholat istikhoroh segala ganjalan dan rintangan apabila kita serahkan kepada Allah pasti akan memberikan pilihan yang sesuai dengan Agama dan akan baik pada hasilnya. Dengan sholat istikhoroh akan membentengi diri kita dari segala pilihan yang salah dan tidak sesuai agama yang dibenarkan Allah.

2. Menenangkan Diri

Sholat istikhoroh juga dapat membuat pikiran yang diselimuti kebimbangan menjadi lebih tenang dan pasrah. Selain itu istikhoroh juga dapat menghindarkan diri dari sifat tergesa-gesa dalam mengambil keputusan yang berujung pada keputusan yang salah. Dengan meminta petunjuk dan bimbingan dari Allah akan lebih memudahkan segala urusan dan kesulitan kita dalam memilih.

Rekomendasi  Miui 7.2.2.0.Khjcnda Full (Google Apps)

Dengan pikiran yang tenang akan membuat kita lebih jernih dalam mengambil keputusan. Karena keputusan yang kita ambil hanya berdasarkan emosi yang tidak stabil akan berpengaruh pada hasil keputusan yang dibuat. Karena keputusan yang salah akan berefek pada lingkungan sekitar dan orang-orang sekitar pula. .

3. Memberikan Kemantapan Hati

Salah satu hal yang diinginkan ketika orang sedang berada dalam pilihan yang sulit adalah diberikannya kemantapan hati. Walau demikian tidak semua orang dengan mudah memperoleh kemantapan hati begitu saja, oleh karena itu dibutuhkan usaha dan doa agar senangtiasa diberikan kemantapan hati oleh Tuhan.

Salah satu cara kita memperoleh kemantapan hati dari segala pilihan sulit adalah dengan sholat istikhoroh meminta petunjuk kepada Allah. Dengan rutinnya kita menjalankan sholat ini kita akan memperoleh kemudahan dalam mengambil keputusan yang tepat sesuai ajaran agama. Dengan hati yang mantab maka keputusan yang diambil juga tepat.

4. Menjauhi Bisikan Syetan

Kapanpun dimanapun setan selalu membisikkan hal yang tidak benar dan bertentangan dengan agama. Apalagi ketika kita sedang berada dalam kesulitan dan permasalahan yang sulit seperti dilema dalam pengambilan keputusan. Dengan kesempatan ini setan akan membisikkan sesuatu yang mengarah pada keputusan yang salah dan tidak sesuai dengan ajaran agama.

Dengan sholat istikharah dapat menghindarkan kita dari bisikan setan yang menyesatkan. Kita dapat perlindungan dan benteng dari Tuhan agar tidak salah dalam setiap tindakan yang berefek pada banyak orang. Agar kita selalu terhindar dari bujuk rayu setan yang mengarah pada kemaksiatan, kita harus mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak berdoa.

5. Memilih dengan Pertimbangan Agama

”Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani AllaH SWT”. (QS Ali Imran : 154)

Rekomendasi  2 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No Hp Mudah Sekali!

Hal dasar yang harus selalu kita ingat dalam setiap menjalankan apapun adalah sesuai dengan perintah agama, termasuk salah satunnya sholat istikharah dalam meminta petunjuk dari kebimbangan atau pilihan sulit. Bukan berarti jika pilihan sulit kita tidak dapat diatasi, kita dapat kembali ke jalanNya dengan memohon diberi petunjuk yang benar.

Agama islam selalu mengajarkan segala sesuatu entah itu kesulitan atau masalah lainnya dapat diselesaikan sesuai aturan agama, seperti ketika kita kesulitan dalam memilih baik itu jodoh, pekerjaan , tempat tinggal atau lainnya sebaiknya dipertimbangkan matang-matang dengan sholat istikharah meminta petunjuk dariNya. .

6. Ikhlas dan Lurus Hanya pada Allah

“Dan bertakwalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyanyang, Yg melihat kamu ketika kami berdiri (utk sembahyang), dan (melihat pula) perubahan gerakan badanmu diantara orang-orang yg sujud”. (QS Asy Syuara: 217-219)

Dengan mendekatkan diri melakukan sholat istikharah, Allah akan lebih memudahkan setiap jalan kita, kesulitan dan kebimbangan kita, hati akan lebih tenang dan dapat berfikir jernih ketika dihadapkan pada pilihan atau keputusan yang sulit. Dengan sholat istikharah segala keputusan yang diambil akan lebih tepat dan benar sesuai agama islam.

Sebagai hamba Allah kita harus selalu meluruskan niat dalam beribadah seperti halnya sholat istikharah. Selain meluruskan niat kita juga seharusnya selalu pasrah dan ikhlas dalam setiap kehendak Allah baik maupun buruknnya.

Sekarang, sudah mantapkah hati kamu untuk mengerjakan shalat istikharah?

Baca juga: Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap

Shalat Istikharah – Layaknya manusia biasa, kita pasti pernah dihadapkan pada sebuah pilihan yang mungkin bisa dibilang sangat membingungkan sehingga membuat kita sulit untuk memilihnya. Namun, sebagai manusia yang beragama dan percaya adanya tuhan, maka sudah seharusnya kita memohon petunjuk kepada-Nya. Karena hanya ialah yang maha mengetahui mana yang terbaik untuk kita. Dalam agama islam,…

Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!