Tata Cara Shalat Istikharah Niat Shalat Istikharah Doa Shalat Istikharah Dan Waktu Shalat Istikharah Lengkap

Sholat Istikharah – Sholat istikharah merupakan jawaban yang tepat, bila saat ini kamu sedang mengalami kebimbangan terhadap sebuah pilihan, entah itu karir, sekolah, kuliah, atau mungkin jodoh. Karena dengan melakukan shalat istikharah, itu artinya kamu memasrahkan semua keputusan kepada Allah yang maha mengetahui, dan mengharapkan petunjuk darinya. Dibanding kamu bertanya kepada teman yang belum tahu masa depanmu, lebih baik kamu bertanya kepada Allah yang maha mengetahui, kan?

Sebagai umat manusia yang beragama atau yang mempercayai adanya tuhan, maka sudah seharusnya kita tetap berkepala dingin dalam mengambil sebuah keputusan. Terlebih kita hanyalah manusia yang tidak pernah tahu mana yang terbaik untuk kita, sedangkan kita memiliki tuhan yang maha mengetahui, yaitu Allah. Lantas, apakah kita enggan bertanya kepadanya? Cobalah untuk pasrahkan semua masalah kepada-Nya, dan selalu bertanya kepada-Nya. Dan ketika mendapatkan petunjuk, maka jalanilah dengan penuh keikhlasan. Insya Allah hidup kamu akan berkah dan sesuai ridho-Nya.

Berbicara soal keputusan atau pilihan dalam hidup, entah itu pekerjaan, kuliah, maupun jodoh, misalkan kamu bimbang dengan pilihan tersebut dan hatimu ragu-ragu dalam memilih, maka sudah sepatutnya kamu untuk mengerjakan shalat istikharah, yaitu shalat untuk meminta petunujuk dari yang maha kuasa, untuk menentukan pilihan tersebut.

Dengan sholat istikharah, segala kesulitan kita akan dimudahkan karena hati yang terbebani akan menjadi ringan, pikiran akan lebih tenang, hati akan lebih mantap, dan segala keputusan yang diambil berdasarkan Al-Quran maupun hadist, akan berdampak positif bagi siaapapun yang berhubungan dengan keputusan tersebut.

Sebagai contoh dalam memilih seorang jodoh, kita diwajibkan dalam ajaran islam yaitu,memilih pasangan hidup haruslah yang membawa kita kepada jalan yang benar. Bukan hanya semata karena fisik harta dan tahta tapi yang utama dalam memilih jodoh adalah dilihat dari agamannya, baru kita dapat mengambil kriteria sesuai keinginan.

Atau conoh lainnya adalah, bila kita memilih tempat tinggal maka islam menganjurkan untuk memilih tetangga atau orang-orang sekelilingnya terlebih dahulu, dibanding rumahnnya. Karena jika tetangga kita baik, maka suasana dalam lingkungan kita juga akan menjadi aman, tentram dan nyaman.

Berita terkait:   Baca! Trik Keren Buat Kamera Hp Android Jadi Sensor Sidik Jari

Berikut ini penjelasan lebih detail seputar Doa sholat istikharah bahasa arab, doa sholat istikharah latin, niat sholat istikharah, tata cara sholat istikharah, doa sholat istikharah jodoh, waktu sholat istikharah, doa setelah sholat istikharah, tata cara sholat istikharah sesuai sunnah Rasul.

Cara Shalat Istikhoroh

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menerangkan, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya. Yang terpenting, setelah shalat sunnah dua rakaat, ia berdoa kepada Allah meminta dipilihkan yang terbaik sebagai doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
Hal ini sebagaimana hadits dalam Shahih Bukhari:

عَنْجَابِرِبْنِعَبْدِاللَّهِرضىاللهعنهماقَالَكَانَرَسُولُاللَّهِصلىاللهعليهوسلميُعَلِّمُنَاالاِسْتِخَارَةَفِىالأُمُورِكَمَايُعَلِّمُنَاالسُّورَةَمِنَالْقُرْآنِيَقُولُإِذَاهَمَّأَحَدُكُمْبِالأَمْرِفَلْيَرْكَعْرَكْعَتَيْنِمِنْغَيْرِالْفَرِيضَةِثُمَّلِيَقُلِاللَّهُمَّإِنِّىأَسْتَخِيرُكَبِعِلْمِكَ
Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu ”
Menurut Sayyid Sabiq, tidak ada bacaan surat khusus dalam shalat ini. Setelah membaca surat Al Fatihah, boleh membaca surat apa pun.
Namun menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Berikut ini tata cara shalat istikharah:

  1. Niat shalat istikharah. أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى (Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa). Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala
  2. Takbiratul ihram, kemudian diikuti dengan doa iftitah.
  3. Membaca surat Al Fatihah.
  4. Membaca surat dalam Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun.
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah karena Allah.
  6. I’tidal dengan tuma’ninah karena Allah.
  7. Sujud dengan tuma’ninah karena Allah.
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua.
  11. Membaca surat Al Fatihah.
  12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas.
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  14. I’tidal dengan tuma’ninah.
  15. Sujud dengan tuma’ninah.
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah.
  19. Salam.
Berita terkait:   Baca! Aplikasi Android Untuk Donwload Video Terbaik

Hukum Shalat Istikharah Menurut Islam

Hukum shalat istikharah menurut para ulama adalah sunnah, pada saat seorang muslim atau muslimah dihadapkan pada dilema atau kesulitan yang memerlukan keputusan untuk memilih. Baik itu kesulitan dalam memilih jodoh, tempat tinggal, teman, pekerjaan dan sebagainnya, maka diperbolehkan untuk mengerjakan shalat istikharah.
Dengan kata lain, bila seseorang mengerjakan shalat istikharah, maka orang tersebut mendapatkan pahala. Dan bagi orang yang tidak mengerjakannya, tidak mendapat dosa. Namun, alangkah baiknya bila kita senantiasa shalat istikharah bila dihadapkan dengan pilihan yang sulit. Karena sesungguhnya Allah yang maha tahu.

Waktu Shalat Istikharah

Shalat istikharah merupakan shalat sunnah 2 rakaat. Tata cara pengerjaanya sama dengan shalat sunnah 2 rakaat lainnya. Untuk waktu pengerjaannya sendiri bisa dilakukan kapanpun. Namun dianjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir. Nabi Muhammad menjelaskan jika umatnya memiliki keinginan atau memilih keputusan yang terbaik maka disunnahkan untuk melakukan shalat istikharah.
Mengerjakan shalat istikharah dimalam hari memang lebih kondusif. Alasannya, jika disiang hari maka orang-orang sedang sibuk beraktifitas dan terkadang penuh dengan kebisingan, dan itu sangat mengganggu kekhusyukkan saat mengerjakan shalatini. Sedangkan dimalam hari, suasana jauh lebih tenang, sehingga Insya Allah shalat pun jadi lebih khusyuk.
Selain itu, tentu kita tahu bahwa pada saat malam hari, Allah turun dari langit dan berjanji kepada siapa saja yang berdoa kepadaNnya akan dikabulkan doannya, kepada siapa yang memohon ampun kepadanNya maka akan diampuni dosannya dan kepada siapa yang meminta sesuatu kepadanNya maka akan dikabulkan permintaanya tersebut.
Dengan mendekatkan diri kepada Allah dengan cara shalat, maka segala beban akan lebih ringan, pikiran lebih tenang dan hati juga lebih mantab dalam menentukan pilihan yang benar dan tepat.

Doa Istikharah

Berikut ini doa shalat istikharah sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah:
Allahumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.
Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.
Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Arti Doa Sholat Istikharah 

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.
Penutup
Itulah penjelasan mengenai tata cara sholat istikharah, doa sholat istikharah, dan waktu sholat istikharah. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu jadi lebih mantap menggantungkan pilihan kepada Allah, dan semoga kehidupanmu jadi lebih berkah. (Sumber informasi: thegorbalsla.com)

Baca juga: Keutamaan Shalat Istikharah