5 Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil Rumahan Yang Menjanjikan

Peluang usaha – Belakangan ini, semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk memulai bisnisnya sendiri. Hal ini mungkin didasari karena lapangan pekerjaan yang semakin sempit, atau persaingan dalam melamar kerja yang semakin ketat? Ditambah persyaratan untuk bisa bekerja di perusahaan yang diinginkan pun semakin sulit. Entahlah…. saya sendiri tidak begitu mengerti. Namun yang jelas, bila Anda pun berniat untuk memulai bisnis Anda, maka disini saya berniat untuk membagikan beberapa referensi untuk Anda, sebuah peluang usaha dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan dari rumah.

Sebenarnya, bila Anda jelih dalam melihat peluang, ada banyak sekali peluang usaha rumahan yang bisa Anda jalani. Namun permasalahannya, apakah Anda berminat untuk menjalani itu? Kebanyakan dari kita, hanya berniat saja untuk menjalani bisnis, namun untuk merealisasikannya selalu banyak alasan. Apakah Anda juga selalu seperti itu?

Sebelum memulai untuk membuka usaha atau menjalani bisnis, hal paling utama yang harus dilakukan adalah, mencari apa yang Anda sukai dan kuasai yang berpotensi menghasilkan untuk Anda. Kalau Anda hanya ikut-ikutan dengan orang lain, maka sudah pasti Anda akan kualahan, karena apa yang dikerjakan belum tentu sesuai passion Anda.

Sekarang pertanyaanya adalah, “hal apa yang Anda sukai? Usaha apa yang sekiranya Anda kuasai?”

Kalau Anda masih bingung apa yang Anda sukai dan kuasai, maka disini saya ingin memberikan beberapa referensi peluang usaha dan bisnis yang bisa Anda jalani dari rumah. Tentunya dengan modal yang sedikit.

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Dalam memulai sebuah usaha, hal yang selalu menjadi pertanyaan dan permasalahan adalah modal. Ya, modal selalu menjadi alasan seseorang untuk tidak menjalankan bisnis yang telah direncanakannya. Padahal, diluaran sana banyak sekali usaha yang menjanjikan namun hanya membutuhkan modal yang bisa dibilang kecil. Hanya saja mungkin Anda terlalu takut untuk memulainya, sehingga Anda pun selalu mencari-cari alasan untuk tidak melakukannya. Ingat! Jika ada kemauan, maka disitu pasti ada jalan. 

Berita terkait:   Cara Terbaru Menciptakan / Daftar Akun Berdikari Online Di Hp Android

Saya sering melihat orang-orang disekeliling saya, yang memulai bisnisnya sendiri dengan modal kecil, dan hasilnya mereka bisa memperbaiki perekonomian keluargnya. Usut punya usut, mereka konsisten dengan apa yang mereka jalani, dan tentunya  mereka menyukai bisnis yang mereka jalani. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk membuka bisnis Anda sendiri? Kalau sudah siap, maka dibawah ini saya berikan beberapa contoh peluang usaha dengan modal kecil, yang bisa Anda kelola dari rumah.

1. Bisnsi Warung makan

Bisnis warung makan memang selalu menjadi pilihan, bila ingin berbisnis dengan modal kecil namun menguntungkan. Sudah banyak contohnya orang-orang yang membuka usaha warung makan dan meraup banyak keuntungan darinya. Namun masalahnya, untuk membuka bisnis ini Anda harus memiliki juru masak. Apakah Anda jago masak? Ataukah istri Anda masakannya bisa diandalkan?

Kalau misalkan Anda atau keluarga Anda tidak ada yang bisa di komersilkan masakannya, dan Anda tetap ingin membuka usaha warung makan, maka Anda bisa menyewa tenaga orang lain. Tapi itu pasti memerlukan modal yang lebih.

Kelemahan dari usaha ini adalah, tempat. Ya, Anda juga mungkin tahu. Kebanyakan orang yang sukses dengan membuka usaha warung makan adalah, mereka yang memiliki tempat strategis. Apakah rumah Anda bisa dikategorikan sebagai tempat yang strategis? Kalau tidak, Anda harus mencari tempat lain yang berpotensi dikunjungi banyak orang. Bisa di pasar, atau didekat area perkantoran atau semacamnya. Karena tempat-tempat seperti itulah yang biasanya mendapat banyak kunjungan orang-orang yang perlu makan.

2. Pesan antar makanan

Tidak jauh dengan usaha warung makan. Bisnis pesan antar makanan memerlukan keahlian dalam memasak. Dengan bisnis ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa menu makanan yang Anda kuasai, dan beritahu orang-orang bahwa Anda menyediakan pesan antar.

Menariknya dari bisnis ini ialah, Anda tidak perlu mencari tempat yang strategis. Dengan kata lain, modal yang dikeluarkan pun jauh lebih kecil. Karena Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan masakan yang dibutuhkan dan biaya untuk promosinya saja. Tapi dijaman serba online seperti sekarang, mungkin Anda hanya perlu mengiklankannya di media sosial Anda saja.

Berita terkait:   Toontastic Dari Google Membuat Animasi 3D Yang Keren

Untuk mengantisipasi pesanan ditempat yang tidak bisa Anda jangkau, berikan keterangan bahwa pesan antar makanan hanya berlaku diwilayah Anda saja.

3. Usaha jahit menjahit

Mungkin masih banyak diantara kita yang meremehkan jenis bisnis ini. Padahal, bisnis jahit menjahit adalah tipe usaha yang bisa dibilang jangka panjang. Alasannya, setiap harinya pasti ada saja orang yang mencari-cari orang yang menawarkan jasa menjahit. Apalagi bila Anda tinggal di kota. Sangat sulit mencari-cari tukang jahit atau vermax.

Untuk melakoni bisnis ini, Anda hanya memerlukan keahlian dalam menjahit. Apakah Anda bisa menjahit?

Saran dari saya, bila Anda berniat untuk menekuni usaha ini, sebaiknya Anda jangan hanya menawarkan jasa menjahit saja. Tawarkan juga jasa membuat baju atau yang lainnya, yang masih berhubungan dengan bisnis jahit menjahit. Karena sejauh ini, masih banyak kelompok komunitas atau organisasi yang memerlukan jasa pembuatan baju untuk kelompok mereka. Jadi, belajarlah dulu kalau Anda belum begitu ahli dalam urusan jahit menjahit.

4. Bisnis pulsa elektrik dan jasa pembayaran

Banyak orang bilang kalau bisnis jualan pulsa itu untungnya sedikit. Memang benar. Dan saya pun tidak bisa memungkirinya, karena saya juga sedang menjalani bisnis jualan pulsa. Tapi, kalau kita hanya berkutat pada jualan pulsa saja, ya sudah pasti tidak akan bertahan lama. Kita harus bisa menciptakan beberapa peluang, agar bisnis pulsa kita bisa menguntungkan. Contohnya adalah dengan menawarkan jasa pembayaran.

Saya melakoni usaha jualan pulsa bisa dibilang cukup lama. Untuk bisa melakukan itu, saya tidak mencari agen-agen offline. Tetapi saya menggunakan aplikasi android yang menawarkan jasa jual beli pulsa elektrik dan juga jasa pembayaran yang lainnya. Mungkin banyak yang berpikir akan lebih aman dan lebih baik dengan mencari agen dari konter-konter pulsa dekat rumah saja. Namun saya berpikir tidak. Saya lebih memilih menggunakan aplikasi alasannya karena disitu cukup simpel.

Berita terkait:   Sarri Akui Chelsea Hancur Usai Kalah Dari Tottenham Di Liga

Saya hanya perlu registrasi dan bisa langsung berbisnis. Menariknya, saya bisa melakukan transaksi apapun disitu. Jadi, dengan awalnya hanya niat jualan pulsa saja, saya jadi bisa menawarkan jasa pembayaran yang lainnya juga. Seperti BPJS, IndiHome, Token PLN, tiket pesawat, dan lain-lain. Dengan begitu, bisnis pulsa saya tetap jalan dan bisnis lainnya pun tetap jalan. Terlebih yang membuat saya menyukai bisnis dengan aplikasi jasa pembayaran ini adalah, saya akan diberikan bonus dan cashback. Aplikasi yang saya gunakan adalah Bebas Bayar.

5. Jasa percetakan dan desain logo

Ini mungkin bisnis yang cocok untuk Anda. Bila Anda sedikit memahami Photoshop atau CorelDraw, mungkin Anda akan tertarik untuk menjalani bisnis ini. Karena untuk menjalani bisnis percetakan maupun logo desain, yang perlu Anda kuasai adalah teknik mengoperasi software semacam itu.

Selain itu, bisnis ini juga memerlukan modal yang bisa dibilang kecil, namun bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan atau pencetakan undangan pernikahan ataupun yang lainnya, dan Anda juga bisa menawarkan jasa untuk pembuatan logo perusahaan ataupun yang lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memasang harga disetiap ordernya. Jika hanya mencetak saja berapa, dan apabila urusan desainya diserahkan kepada Anda juga, maka Anda bisa mematok harga yang lebih mahal. Itu tergantung bagaimana strategi bisnis Anda.

Penutup

Itulah 5 peluang usaha rumahan yang bisa Anda jalani dengan modal yang kecil. Nah sekarang, tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Jika dari ke-5 referensi yang saya sebutkan diatas sama sekali tidak ada yang membuat Anda tertarik, maka Anda bisa mencari bisnis apa yang paling Anda minati. Karena pada  dasarnya, seseorang yang sukses dari bisnis yang dikelolanya adalah, karena orang tersebut sangat menyukai bisnisnya itu. Jadi, bisnis apa yang Anda minati? Semoga artikel tentang peluang usaha ini bisa sedikit bermanfaat untuk Anda.