Lompat ke konten
Home » Mengenal Perkembangan Komputer Generasi Ketiga

Mengenal Perkembangan Komputer Generasi Ketiga

Perkembangan komputer sebelumnya kita telah bahas yaitu dimulai pada tahun 1940, dimulai dari eranya tabung vakum hingga generasi kedua berganti menjadi transistor dan dioda. Pada jaman perkembangan ketiga tepatnya pada tahun 1964-1970 mulai memakai Integrated Circuit atau IC yang merupakan adonan daripada banyak transistor didalam satu papan sirkuit. 

Produk IBM 360                                                                                                                                          Image Courtesy, IBM
Pada tahun 1958 Jack Kilby menyebarkan Integrated Circuit (IC) untuk menggantikan tugas dari Transistor.  IC yang diciptakannya berbentuk sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pasir kuarsa dipakai lantaran materi ini sanggup mengatasi panas yang timbul pada transistor. Penemuannya perihal IC mengubah arsitektur komputer yang ada hingga dikala ini. Kemudian pada tahun 1959 Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor juga menciptakan IC yang berisi enam transistor. Bisa dibandingkan dengan processor zaman kini sudah mempunyai ribuan, jutaan, bahkan miliaran transistor dalam sebuah chip yang ukurannya sangat kecil.

Komponen Komputer Generasi Ketiga

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, IC menjadi salah satu komponen dari komputer generasi ketiga ini yang menggantikan tugas dari transistor. Untuk lebih jelasnya, berikut ini komponen – komponen yang mencirikan komputer generasi ketiga.
1. Penggunaan Integrated Circuit atau IC menggantikan tugas transistor.
2. Menggunakan Magnetic Disk untuk media penyimpanannya yang sifat pengaksesan datanya secara acak dengan kapasitas besar.
3. Munculnya Monitor sebagai output Visual dan adanya output Audio berupa suara.
Itu ialah beberapa komponen gres yang hadir dalam komputer generasi ketiga. Penggunaan IC sendiri selain mengurangi panas pada komputer juga mempercepat kinerja komputer dibandingkan dengan komputer pada generasi sebelumnya. Pada zaman ini pula mulai dikenal adanya Sistem Operasi yang berfungsi untuk memonitor memori dan mengkoordinasikan memori pada komputer. Dengan adanya Sistem Operasi ini memungkinkan komputer untuk multiprocessing.
Pada zaman ini juga bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai bermunculan seperti Fortan, Cobol, atau Basic, sehingga program-program komputer pada masa ini mulai memakai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dimasa ini juga jaringan komputer mulai ditemukan dengan aktivitas riset berjulukan ARPANET yang dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada zamannya. Pada masa ini juga daya komputer sudah berkurang jauh dibandingkan pada generasi sebelumnya serta ukurannya juga lebih kecil.
Komputer IBM S/360                                                                                                                 Image Courtesy, Wikipedia.com
Contoh-contoh komputer generasi ketiga diantaranya IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya ialah Digital Equipment Corporation).
Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!