Lompat ke konten
Home » Mengenal Komputer Eniac

Mengenal Komputer Eniac

Halo teman Repeatloop, maaf sudah usang tidak menulis kembali sebab kesibukan dipekerjaan. Nah kali ini kita akan membahas ihwal komputer nih.

Komputer sendiri sanggup didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang sanggup bekerja sama antara komponen satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan suatu informasi menurut aktivitas dan data yang ada.
Seperti yang kita tahu komputer kini ada yang berbentuk dekstop yang berbentuk ibarat balok maupun laptop atau komputer jinjing. Namun pernahkah kau mengetahui bentuk komputer pada generasi awal? Nah hal yang kita bahas yaitu mengenai Komputer ENIAC yaitu salah satu dari komputer generasi awal.

Apa Itu Komputer ENIAC?

Komputer ENIAC (Hanya 2 unit yaitu panel dan tabel fungsi yang ditampilkan di University of Pennsylvania

ENIAC merupakan kependekan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Komputer ini dibentuk oleh kolaborasi antara pihak Amerika Serikat dengan pihak University of Pennsylvania.
Komputer yang dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly ini mulai dibangun pada 17 Mei 1943 dan dioperasikan secara resmi pada Februari 1946 dengan menelan biaya pembuatan sekitar $500.000. Project PX yaitu isyarat untuk nama proyek pembuatan komputer ENIAC ini.
ENIAC ini terdiri dari sekitar 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, serta 5 juta titik solder dengan berat mencapai 27 ton. Berukuran 2,4m x 0,9m x 30m dan mempunyai luas sekitar 167 m2. Untuk menjalankan komputer ENIAC ini diharapkan daya sekitar 160kW – 200kW.

Denah yang menunjukan ukuran komputer ENIAC

Baca juga : Instalasi Driver OCI8 pada XAMPP

Tujuan Pembuatan Komputer ENIAC

Komputer ENIAC
ENIAC yang dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS ini dibentuk untuk laboratorium penelitian persenjataan mereka yaitu menghitung tabel tembakan senjata. ENIAC sendiri bisa diprogram ulang, yaitu dengan cara mengatur ulang kabelnya supaya bisa menuntaskan tugas-tugasnya yaitu pada bidang perhitungan dalam bentuk desimal.
Selain untuk kepentingan perang pada masanya, ENIAC ini juga sanggup dipakai untuk aneka macam macam hal ibarat memprediksi cuaca, menghitung energi atom, sinar kosmik, pengukuran suhu, dan penggunaan ilmiah lainnya.
Pada masanya juga ENIAC ini bisa menghitung seribu kali lebih cepat dibandingkan dengan mesin hitung elektronk yang ada pada dikala itu.

Cara Kerja ENIAC

Komputer ENIAC
Komputer ENIAC ini memakai sebuah penghitung berbentuk cincin yang mempunyai sepuluh posisi. Perhitungan dilakukan dengan cara menghitung pulsa dengan penghitung cincin dan menciptakan pulsa pembawa gres apabila counternya sudah berputar kembali ke posisi semula. Ide dasarnya yaitu untuk menggandakan roda digit dalam mesin penghitung mekanis.
Komputer ENIAC mempunyai 20 slot akumulator yang masing-masing mempunyai sepuluh digit. Setiap detiknya sanggup melaksanakan sekitar 5.000 proses penambahan dan pengurangan sederhana diantara keduapuluh angka-angka tersebut. 4 slot akumulator dipakai degan sebuah unit “pengali” dan setiap detiknya sanggup dilakukan 365 proses perkalian,. 5 slot akumulator dikendalikan dengan unit “pembagi pengakar pangkat dua” yang setiap detiknya sanggup menjalankan 40 operasi pembagian dan 3 operasi pengakar-dua-an.

Baca Juga : Cara mengatasi error The User Profile Service service failed the logon

Rekomendasi  Sinopsis Anime Nana Maru San Batsu

Cerita Tim Programmer ENIAC

Programmer Komputer ENIAC

Komputer ENIAC ibarat yang sudah kita bahas sebelumnya bisa diprogram ulang. Dalam Tim ENIAC sendiri terdapat beberapa orang programmer, mereka ini bisa disebut sebagai programmer komputer pertama didunia dan programmer ini yaitu perempuan seluruhnya. Menurut sumber ada 6 orang perempuan yaitu Kathleen McNulty Mauchly Antonelli, Jean Jennings Bartik, Frances Synder Holber, Marlyn Wescoff Meltzer, Frances Bilas Spence and Ruth Lichterman Teitelbaum.
Karena pada mulanya tujuan adanya komputer ENIAC untuk militer, sehingga para programmer ini awalnya tidak boleh mengakses ke komputer ENIAC ini hingga jadinya mereka mendapat terusan dari pihak militer. Para programmer ini tidak dibekali manual cara memprogram ataupun bimbingan dari pihak lain dalam memprogram komputer ENIAC, mereka hanya mengandalkan diagram logika untuk mengetahui cara kerjanya.
Quote Jean Jennings Bartik, ENIAC Programmer

Mereka (para programmer) ini bekerja tidak dengan IDE ibarat kini yang biasa dipakai para programmer ibarat Visual Studio, Android Studio, Dreamweaver dan semacamnya, mereka melaksanakan hal yang dinamakan “Physically Program” dengan memanipulasi sekitar 3000 switch serta ribuan kabel yang harus mereka kerjakan. Sehingga pada deskripsi pekerjaan yang harus dipenuhi yaitu “Membutuhkan fisik yang kuat, kreatif, semangat inovatif, serta kesabaran yang tinggi”.
Setelah 6 orang perempuan tersebut, lalu tiba 2 orang perempuan ditunjuk sebagai programmer, yaitu Betty Holberton yang melanjutkan untuk pengembangan algoritma sorting dan membantu dalam mendesain komputer elektronik komersial pertama didunia yaitu UNIVAC dan BINAC bersama dengan Jean Jennigs.
Wanita yang terakhir yaitu Herman Goldstine yang dikenal sebagai “operator” dari komputer ENIAC. Dia mengkalkulasikan tabel balistik dengan kalkulator dan dengan perbedaan cara analisa sebelum dan sehabis pengembangan ENIAC, sehingga programmer berguru ihwal cetak biru dari ENIAC secara struktur fisik dan memperkirakan cara bagaimana memanipulasi switch dan kabel dibanding mempelajari bahasa pemrograman. Karena fokus kedua perempuan tersebut bukan pada pemrogramannya, sehingga 6 perempuan pertama yang telah disebutkan diatas dikenang atas jasanya dalam bidang pemrograman.

They had no books or anything to teach us how to aktivitas it – Jean Jennings Bartik 


Sumber : 



Rekomendasi  Cara Membuat Wanita Jatuh Cinta Itu Gimana Sih? Ini Rahasianya Yang Belum Banyak Orang Tahu!
Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!