Mari Upload Komik Di Webtoon

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hai lagi pembaca!!!! Pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai upload komik di webtoon. Kenapa? Karena saya sendiri sedang mencoba berkarya di webtoon, jadi semoga saja postingan ini ada manfaatnya buat kalian yang lagi nyoba upload komik di webtoon.

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan webtoon. Sebuah platfrom asal Korea ini telah sukses menghasilkan komikus-komikus yang berbakat. Baik dari pemula hingga profesional. Ya, tidak di pungkiri bahwa komikus yang baru memulai belajar membuat komik pun bisa mengupload karyanya di webtoon (tanpa syarat apapun).

Seperti yang kita tahu, komikus Indonesia sangat kesulitan untuk menerbitkan komik mereka. Yang pada kenyataannya tidak kalah menarik dengan komik buatan Jepang maupun Marvel. Dengan adanya webtoon ini, para komikus Indonesia seperti mendapat angin segar, sehingga mereka dapat menunjukkan karya-karya mereka untuk di perlihatkan orang banyak. Dan hasilnya, kita bisa nilai sendiri. Banyak komik asli buatan anak bangsa yang sangat bagus. Baik dari segi gambar, grafik, bahkan ceritanya juga sangat menarik untuk di ikuti. Untuk itulah, bila kamu pun ingin atau suka membuat komik, jangan ragu-ragu untuk menguploadnya ke webtoon. Karena sekaranglah saatnya untuk kita memperlihatkan karya kita.

Untuk menerbitkan komik kita di webtoon sendiri tidaklah sulit ataupun memerlukan syarat yang memberatkan. Karena pada dasarnya pihak webtoon sendiri memberi kebebasan untuk siapa saja yang ingin menerbitkan komik mereka di platform mereka itu. Yang terpenting, komik yang kita terbitkan tidak melanggar kebijakan dari webtoon. Seperti mengupload komik bernuansa provokasi, plagiat (konten berhak cipta), sara, dan yang melanggar lainnya. Kita cukup menerbitkan komik berdasarkan genre yang kita pilih dan kita kuasai saja.

Berita terkait:   Baca! Spesifikasi Dan Harga Infinix Zero Gold Terbaru

Bagaimana cara menerbitkan komik di webtoon? 

Caranya sangat gampang! Yang terpenting kamu harus punya id LINE terlebih dahulu. Bisa kamu masuk menggunakan akun Facebook, ataupun akun Google. Jika sudah, mulailah masuk ke akun webtoon kamu, dan klik tombol “terbitkan” tepat di sebelah nama akun kamu. Setelah itu, barulah kamu mulai upload komik yang sudah kamu buat. Untuk ukurannya sendiri, sudah di tentukan oleh pihak webtoon. Jadi kamu harus sesuaikan ukuran komik kamu.

Untuk ukuran thumbnail : 430 × 430
Ukuran komiknya: 700 × 1000 (ukuran yang biasa saya pakai)

Untuk alur ceritanya kamu bisa tentukan sendiri, termasuk genre nya. Ada banyak pilihan. Mulai dari romantis, komedi, horor, slice of life, dan lain-lain. Tinggal kamu tentukan sesuai genre komik kamu.

Catatan: harus melalui PC. Jika kamu tidak punya PC, setidaknya kamu bisa pakai Smartphone, melalui browser yang mendukung tampilan mode desktop (Google chrome di rekomendasikan).

Apakah upload komik di webtoon di bayar?

Ini mungkin yang sering di tanyakan oleh para calon komikus yang baru ingin upload komiknya di webtoon. Saya juga awalnya berpikir begitu. Tapi ternyata, tidak!

Tidak yang saya maksud adalah bukan berarti tidak di bayar sama sekali selama menerbitkan komik di webtoon. Tapi ada proses yang harus kita lewati. Yaitu, komik kita harus resmi menjadi official di webtoon. Caranya? Ya harus melewati proses itu sendiri.

Tahap awal kita menerbitkan komik di webtoon, komik kita akan masuk pada webtoon challenge. Itu artinya, komik kita tidak akan mendapat bayaran apapun meskipun banyak yang melihat dan merespon. Dalam masa webtoon challenge ini, komik kita akan di nilai oleh pembaca. Jika pembaca suka dengan komik kita, maka pembaca akan mengklik tombol hati dan favorit. Dalam artian, komik kita sudah mendapat penggemar.

Berita terkait:   Kepolisian New York Pakai Drone Untuk Pantau Pesta Tahun Baru

Dan jika jumlah favorit, hati, dan view sudah melebihi syarat yang di tentukan oleh pihak webtoon, maka langkah selanjutnya komik kita berpotensi masuk rising star. Rising star sendiri seperti sebuah audisi, yang mana pembaca lah yang akan menilai komik kita dengan memberi rating untuk komik kita. Dan kemudian akan di tentukan oleh juri dari pihak webtoon. Jika komik kita berhasil menjadi pemenang (3 besar), maka pihak webtoon akan memberikan hadiah sejumlah uang yang sudah di tentukan. Namun, pihak webtoon sendiri tidak bisa menjamin komik yang menang rising star akan menjadi official.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Meski begitu, jangan berkecil hati. Yang terpenting kita suka mengerjakan hal itu, dan bila kita rutin paling tidak seminggu sekali upload komik kita di webtoon, dan pembaca terus memberi respon dan rating, bukan hal mustahil pihak webtoon akan mengontrak komik kita. Yang dalam artian, komik kita menjadi komik resmi di webtoon. Untuk itu, sangat penting untuk tetap konsisten.

Jangan mengharapkan bayaran!

Saya mengerti yang ada di pikiran kamu. Kamu susah payah bikin komik untuk di upload di webtoon, tapi tidak di bayar apapun, itu mungkin agak mengecewakan. Akan tetapi bagi saya, komikus sejati tidaklah serta-merta berkarya hanya untuk uang. Komikus sejati adalah komikus yang mau berkarya karena ada kesempatan. Yang terpenting, kita memperkenalkan karya kita terlebih dahulu ke orang banyak. Soal uang itu belakangan. Jika di webtoon kita tidak sukses, bila karya kita sudah di kenal banyak orang, bisa saja perusahaan besar lainnya yang akan mengontrak kita untuk menjadi illustrator kepentingan iklan mereka. Yang paling penting adalah, kita mengerjakan itu karena suka, bukan uang.

Berita terkait:   Pocophone, Smartphone Dari Xiaomi

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Buatlah komik sendiri, bukan dari aplikasi!

Belakangan ini saya sering melihat komik baru di webtoon yang di buat dengan aplikasi yang ada di PlayStore. Seperti comic rage, comic creator, dan lain-lain. Saya mohon! Jika kamu ingin menerbitkan komik kamu di webtoon, usahakan komik itu asli buatan kamu sendiri. Baik dari segi karakter, hingga latar belakangnya. Dan usahakan juga jalan ceritanya jangan monoton dan lebih kreatif, agar mendapat ciri khas tersendiri.

Sejelek apapun sebuah karya, pada dasarnya itu di buat dari kerja keras, kan? Untuk itulah, orang-orang akan lebih menghargai karya hasil buatan kamu sendiri, meskipun gambarnya kurang bagus.

Saya juga sama, gambar yang saya buat tidak sebagus komik Jepang dan komik lainnya. Meskipun ada yang mencemooh, tapi banyak juga yang mendukung. Di situlah poin pentingnya karya buatan sendiri. Yang terpenting, kita kedepannya mau memperbaiki karya kita sebelumnya, supaya pembaca yang mendukung komik kita lebih semakin suka dan terus mendukung karya-karya kita kedepannya.

Komentar di webtoon saya

Mungkin itu saja postingan kali ini, mohon maaf juga karena blog ini tidak bisa rutin update. Maklumlah, saya lagi sibuk dengan urusan dunia nyata, dan juga lagi suka bikin komik.