Ampuh! Mengatasi tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server No Root

  • by

Ya halo pembaca… Kamu lagi mencari solusi mengenai cara mengatasi tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server untuk android kamu pada saat ingin membuat akun Google atau memasukkan akun Google kamu ke android baru kamu? Jika iya, kamu sudah mampir di blog yang tepat! Karena saya disini akan membagikan bagaimana caranya mengatasi tidak dapat mengakses layanan data internet android.

cara mengatasi tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server tanpa root

Masalah seperti ini pertamakali saya temukan ketika tablet Samsung GT-P1000 milik keponakan saya tidak bisa masuk ke Google Play Store, padahal akun Google nya sudah ada. Sayapun penasaran, kan… Akhirnya saya coba buat akun Google yang baru lagi, sedangkan akun Google yang lama saya hapus.

Namun masalah inipun muncul, yaitu ketika sudah selesai mengisi formulir pendaftaran dan klik buat akun, malah yang muncul tulisan seperti di atas. Sayapun kaget dong… Padahal jaringan ada, dan bisa melakukan browsing juga melalui aplikasi peramban semacam Google Chrome. Tapi, kenapa malah muncul tulisan tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server?

Sayapun mencari jawaban dengan melakukan pencarian di Google Search. Namun hasilnya kebanyakan perangkat harus sudah di root agar bisa membuat akun Google dan tidak muncul tulisan tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server lagi.

Saya tidak mengindahkan perintah tersebut, karena saya rasa masalah ini bukan suatu masalah yang hanya bisa dilakukan dengan cara diroot. Sayapun search lagi namun tetap saja perintah root seolah menjadi prioritas.

Hingga pada akhirnya saya coba melakukan riset sendiri.

Cara Saya Mengatasi Masalah Tidak Dapat Menjalin Sambungan Yang Dapat Diandalkan Ke Server Tanpa Root Benar-Benar Berhasil

Yang saya lakukan pada saat itu adalah;

  • Membaca dan memahami lebih dalam lagi maksud pesan kesalahan tadi.
  • Menghubungkan jaringan melalui hotspot dari ponsel saya (sebelumnya pakai Wi-Fi).
Rekomendasi  Download Aplikasi Telegram Android Apk - Terbaru 2019

Namun ternyata hasilnya sama saja alias tetap muncul bewara masalah tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server.

“Kenapa ini bisa terjadi?” gumam saya dalam hati. Saya amati lagi dan kemudian muncul pikiran untuk mencoba memasukkan kartu SIM ponsel saya ke tablet tersebut. Karena saya rasa kemungkinan karena tidak ada SIM, jadi tidak bisa mengakses ke server.

Setelah saya masukkan, dan mencoba membuat akun Google lagi, ternyata berhasil…. Saya jadi senang dan langsung coba masuk ke Play Store dan bisa. Dan kemudian mengeluarkan SIM saya lagi.

Setelah SIM dikeluarkan, untuk memastikan lagi – saya kembali masuk Play Store dan kembali tidak bisa. Argh….. ingin saya banting tuh tablet.

Untuk menenangkan diri, saya beli pop ice dulu dan kemudian kembali berpikir. Saya perhatikan lebih detil lagi dan menemukan sebuah kejanggalan. Yaitu, jam dan tanggal di tablet keponakan saya itu ngaco!

Secara otomatis saya tersenyum tanpa sadar, seolah telah menemukan jawaban atas misteri itu. Saya masuk ke pengaturan tanggal dan waktu, lalu saya pilih otomatis. Dan boooommm….. set.. set.. set.. set… saya berhasil mengakses Google Play Store. Wahahahaha….

Jadi dengan kata lain, cara yang saya lakukan untuk mengatasi tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server adalah seperti di atas. Namun untuk inti masalahnya adalah karena, pengaturan waktu di tablet Samsung keponakan saya itu tidak akurat atau ngaco, sehingga server mengalami kesalahan saat menghubungkan ke jaringan.

Mengenai mengapa saat saya masukkan SIM bisa mengakses, itu karena ketika ada SIM yang masuk, pengaturan waktu tersebut secara otomatis menyesuaikan.

Nah begitulah kira-kira. Jadi, semoga bisa membantu, ya…..

Rekomendasi  25 Video Lucu Banget Ini Bikin Hari-harimu Penuh Dengan Kebahagiaan

Lainnya: Cara Mengatasi Download Tertunda Di Play Store

Tinggalkan Balasan