Koi to Senkyo to Chocolate – Cinta, Pemilihan, dan Coklat Review

Koi to Senkyo to Chocolate – Apa yang dikisahkan dalam anime ini sangat cocok dengan judulnya, yaitu tiga hal: cinta, pemilihan, dan coklat.

Koi to Senkyo to Chocolate

Anime ini menceritakan perjuangan Oojima Yuuki dan anggota Food Research Club lainnya untuk menyelamatkan klub mereka dari pembubaran. Untuk itu, Oojima harus terpilih menjadi ketua OSIS. 

Memang cerita hanya diawali dari rencana sepele penyelamatan sebuah klub. Namun, certianya jauh dari sepele. Dipenuhi dengan berbagai konflik, usaha pembunuhan, tragedi, konflik keluarga, trauma masa lalu, dan penculikan. Menarik sekali.

Di awal episode pertama anime Koi to Senkyo to Chocolate diperliatkan sebuah scene. Mungkin ini prolognya lah. Ada seorang gadis  sedang memata-matai sebuah transaksi gelap. Ia memotretnya menggunakan kameranya. Kemudian ketika gadis itu berjalan, sebuah mobil yang dikendarai salah seorang yang bertransaksi tadi sengaja menabraknya dari belakang. Lalu orang itu merusak memory card kamera untuk menghilangkan bukti.

Setelah itu lagu opening…

Melihat scene itu saya agak bingung, apa ini salah anime? Tapi ternyata tidak.

Sinopsis Koi to Senkyo to Chocolate

Yuuki OjimaChisato Sumiyoshi, dan Mifuyu Kiba berangkat bersama ke sekolah. Di sekolah Mereka bertiga adalah anggota Food Research Club, bersama beberapa anggota lainnya:

  • Yume yang yaoi dan mencintai Oojima.
  • Nozomi (Non-chan) si genius yang suka membuat alat-alat aneh.
  • Morishita yang pendiam dan pasif.
  • Ai dan Kii, dua sahabat yang berisik.

(kalau ada lagi saya lupa, karena nonton ini sudah tahun lalu)

Kegiatan di FRC dipenuhi kekonyolan yang membuat saya bingung, apa hubungannya dengan scene tabrak lari di awal tadi. Salah seorang anggota, Yume meminta anggota FRC untuk mencoba produk barunya, Yaoi Stick (nama yang tidak enak). Ketika Chisato hampir menelan stick itu, Oojima mencegahnya karena ternyata stick itu adalah coklat putih. Rupanya Chisato sangat membenci coklat. Ia berterima kasih pada Oojima.

Berita terkait:   Konfirmasi The Devil Is a Part-Timer Season 3 dengan Trailer yang Menggoda

Penasehat klub, Hazuki Sensei, datang dengan kabar buruk.

Ada kemungkingan FRC akan ditutup jika yang terpilih dalam pemilihan ketua OSIS yang akan datang adalah Satsuki Shinonome. Ia berencana membubarkan klub-klub yang boros dalam hal finansial sekolah, FRC salah satunya. 

Satsuki adalah adik tiri Hazuki sendiri, tetapi hubungan mereka tidak baik. Karena hal itu, FRC mungkin harus memilih kandidat lainnya: Moheiji Tatsumi. Namun, melihat kekotoran trik Moheiji, Chisato enggan memilihnya. FRC sepakat untuk menjadikan salah satu anggotanya sebagai kandidat. Dan kandidat itu adalah Oojima Yuuki. Mereka harus berjuang agar Oojima terpilih, sehingga FRC tidak dibubarkan. Dalam perjuangannya, Oojima dibantu oleh Yakumo Mouri, ketua OSIS yang sekarang masih menjabat.

Dalam kisah perjuangan Oojima menjadi ketua OSIS, terdapat beberapa konflik yang timbul dari berbagai tokoh. Ada Isara Aomi, anak yang masuk sekolah melalui jalur beasiswa. Ia selalu bekerja setiap pulang sekolah. Ia kerap kali dijahili, dibully, dan diejek oleh anak-anak lain karena keadaan keluarganya yang miskin.  

Aomi juga membantu Oojima dalam perjuangannya menjadi ketua OSIS. Melihat Aomi, Oojima merasa kasihan. Ia berniat menambahkan “menghilangkan diskriminasi terhadap anak-anak penerima beasiswa” sebagai visi misinya. Namun, ia ditentang oleh Chisato dan Mouri karena akan semakin sedikit yang memilihnya dengan moto itu. Diskriminasi di sekolah ini sangat kuat.

Ada juga konflik keluarga antara Satsuki dan Hazuki Sensei, dan Oojima sebagai penengahnya. Konflik yang kurang saya pahami maksudnya. Ada istilah rhesus-rhesus segala. Namanya juga konflik hubungan darah keluarga.

Ada juga konflik cinta dan pertemanan antara Oojima, Chisato, dan Mifuyu. Chisato merupakan teman masa kecil Oojima. Ia menyukai Oojima. Namun, Oojima selalu bilang kalau ia menyukai Mifuyu. Dan Mifuyu selalu menolak Oojima, walaupun sebenarnya ia menyukai Oojima.

Berita terkait:   Sinopsis Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan

Dahulu, Mifuyu menjalani operasi yang mengharuskannya mengulang satu tahun sekolah. Ia menjadi yang paling tua dan tidak mempunyai teman. Hanya satu orang yang mau menemaninya, yaitu Chisato. Mifuyu merasa berhutang budi pada Chisato. Karena itu ia merelakan Oojima untuk Chisato, meskipun ia menyukainya.

Dan apa maksud chocolate dalam judul anime ini? Hubungannya adalah dengan Chisato yang membenci coklat. Chisato memiliki adik laki-laki yang telah meninggal karena kecelakaan. Di hari ketika ia meninggal, Chisato marah-marah dan tidak mau memberikan coklat padanya. Hingga ia tewas.

Hal ini membuat Chisato sangat menyesal hingga ia sangat membenci coklat. Saat itu ia bertemu Oojima di masa kecilnya. Oojima selalu menerima coklat pemberian Chisato.

Melihat episode-episode sepeti itu membuat saya lupa dengan adegan tabrakan di awal episode satu…

Suatu hari Oojima melihat salah seorang anggota FRC, Michiru Morishita, sedang bermain harmonika. Suatu hari yang lain, harmonika yang rusak itu tidak sengaja terbawa oleh Oojima. Oojima memperbaikinya dan menemukan ada tulisan “KANA” pada harmonika itu.  

 Morishita mengaku kalau Kana adalah sahabat terbaiknya yang memberikan harmonika itu padanya. Kana telah lama menghilang. Morishita masuk ke sekolah ini untuk mencarinya, tetapi ia tidak pernah menemukannya.

Oojima sering melihat tingkah laku misterius Mouri sang ketua OSIS. Oojima mendengar pembicaraannya di telepon. Mouri juga sering terlihat mengunjungi suatu kamar di rumah sakit. Oojima mengikutinya hingga ke kamar. Oojima kaget melihat nama orang yang terbaring koma di kamar itu: Kana Ougibashi. Di dalam kamar itu, seseorang memukul Oojima hingga pingsan. Lalu ia menangkap Oojima.

Ternyata mereka adalah Mouri dan para anggota Public Safety Department.

Mouri mengungkapkan pada Oojima bahwa ternyata Kana dan Morishita adalah mata-mata S-class dari Public Safety Department. Ketika mengamati sebuah transaksi gelap, seseorang menabrak Kana dengan mobilnya. Kini Kana sedang dalam keadaan koma dan di rumah sakit milik Katahira Faction. Keberadaan Kana dirahasiakan.  

Berita terkait:   Helck: Anime Summer 2023 yang Wajib Ditonton

Mouri diancam, kalau ia terus mendukung Oojima, maka rumah sakit milik Katahira Faction itu akan membiarkan nyawa Kana melayang. Mendengar kenyataan ini, Oojima sangat terkejut. Oojima juga marah karena menyembunyikan Kana dari Morishita yang telah lama mencarinya sangatlah kejam. Oojima menelpon Morishita dan memberitahunya jika Kana ada di rumah sakit itu.

Mouri marah, lantas ia memerintahkan untuk memperketat keamanan rumah sakit. Morishita yang berhasil menyelinap ke kamar Kana membawa Kana pergi dengan kursi roda. Di jalan, Morishita memainkan harmonikanya. Mendengar permainan Morishita, Kana sembuh dari keadaan komanya. Mouri berterimakasih pada Oojima.

Malam harinya Oojima dan Chisato berjalan bersama. Secara tak terduga mereka berdua diserang oleh seseorang hingga mereka berdua pingsan. Orang itu menculik Chisato. Esoknya adalah hari diadakannya pemilihan ketua OSIS. Oojima harus datang ke pemilihan itu untuk pidato terakhirnya. Namun, sang penculik mengancam Oojima kalau ia ingin Chisato selamat, ia harus pergi ke suatu tempat yang ia perintahkan. Rupanya maksud penculik itu sengaja agar Oojima tidak dapat menghadiri pemilihan ketua OSIS.

Apa yang terjadi kemudian? Saya tidak mau membocorkan ending fenomenalnya.

Sangat menarik. Awalnya hanya rencana sepele untuk menyelamatkan FRC dari dibubarkan. Namun ceritanya jadi seperti ini… Unexpected