3 Penyebab Kamera Smartphone Buram Dan Solusi Mengatasinya

  • by

Kamera smartphone buram sering kita temui, baik dari ponsel kita sendiri maupun milik orang lain. Dan terkadang, karena kurang paham mengenai penyebabnya, kita lantas langsung pergi ke tukang sevice. Maka dari itu, saya akan memberikan sedikit informasi tentang penyebab kamera smartphone menjadi buram dan solusi mengatasinya.

Cara Mudah Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram
Sumber gambar: radarpekalongan.co.id

Kamera smartphone saat ini bisa dibilang tidak kalah saing dengan kamera digital, meskipun kualitas tentu masih lebih mulus kamera digital. Akan tetapi, para produsen smartphone terus berinovasi memberikan berbagai macam fitur kamera, guna memuaskan konsumennya.

Mulai dari dual kamera diserta AI, hingga 6 kamera. Itu semua adalah untuk memuaskan hasrat hobi foto para pengguna ponsel pintar. Akan tetapi, adakalanya seseorang yang hendak berfoto menggunakan kamera ponselnya, mendapati bahwa kameranya buram. Hal ini jelas sering terjadi, tidak hanya satu atau dua orang saja yang mengalaminya.

Memiliki ponsel pintar dengan fungsi kamera yang bagus jelas merupakan kesenangan bagi sebagian orang. Namun, seiring waktu, kualitas foto terkadang dapat menurun. Bahkan, terkadang hasilnya bisa kabur atau buram. Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Misal, ponsel milik Anda sudah terlalu tua sehingga berefek pada kualitas kamera atau mungkin kamera ponsel Anda yang memang bermasalah.

Nah, disini saya akan berikan beberapa informasi yang dapat menyebabkan kamera smartphone menjadi buram dan bagaimana solusi mengatasinya.

3 Penyebab Kamera Smartphone Buram Dan Solusi Mengatasinya

Seiring waktu, ponsel telah berubah menjadi ponsel cerdas atau disebut juga smartphone. Smartphone memiliki banyak fitur, seperti kamera yang dibutuhkan saat ini. Lantas, bagaimana mengatasi kamera smartphone yang buram?

Lensa Kamera Kemungkinan Kotor

Sebagai salah satu orang yang menggunakan smartphone, adakalanya saya lupa atau tidak pernah membersihkan lensa kamera pada ponsel pintar saya, sehingga itu mengakibatkan kamera smartphone buram dan membuat hasil jepretan tidak maksimal.

Rekomendasi  Xiaomi Redmi 6 Akan Rilis Akhir Tahun Ini? Ini Bocoran Spesifikasinya

Dan sayapun yakin Anda pun pasti pernah melakukannya, bukan? Maka dari itu, jika Anda suka berfoto dengan smartphone Anda, maka sudah sepatutnya untuk mejaga kebersihan lensa kamera smartphone Anda.

Untuk mengatasi lensa kamera yang kotor, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Minyak kayu putih.
  • Cotton Bud atau tisu.

Cara pemakaiannya, tuangkan minyak kayu putih ke cotton bud atau tisu (tidak perlu banyak, asal basah sajapun tidak apa-apa). Kemudian, oleskan tisu atau cotton bud pada lensa kamera secara perlahan. Hal ini guna mengangkat debu atau kotoran yang menempel pada lensa kamera.

Kamera Smartphone Buram Mungkin Karena Berembun

Dalam kondisi yang terlalu lembab, lensa kamera mungkin berembun. Oleh sebabnya, hasil foto Anda tidak dapat maksimal.

Masalah ini biasanya sering terjadi pada para pendaki gunung. Karena kondisi gunung seperti yang kita tahu begitu dingin, sehingga itu bisa memengaruhi lensa kamera dan mejadi berembun. Atau mungkin Anda sering pergi ke kebun dipagi hari, itu juga bisa menjadi salah satu penyebab kamera berembun hingga menjadi buram.

Lalu apa solusinya? Saat lensa berembun, matikan ponsel cerdas Anda segera. Setelah itu, keringkan dengan pengering rambut. Ini dimaksudkan agar suhu smartphone bisa stabil kembali dan tidak berembun. Cara ini sebenarnya lebih tepat untuk tipe smartphone yang case belakang dan baterainya bisa dilepas.

Setelah itu, coba periksa kembali apakah foto masih buram atau tidak. Namun, jika masih buram, coba bersihkan dengan cara seperti di atas.

Ada Goresan Di Lensa Kamera Smartphone Yang Menyebabkan Menjadi Buram

Lensa tergores dapat muncul jika Anda membawa dan menempatkan ponsel cerdas Anda dengan sembarangan di mana saja. Misalnya, di tempat tidur, di kamar mandi atau di atas meja makan. Ini sebenarnya tidak masalah, tetapi tidak pada permukaan yang kasar.

Rekomendasi  Xiaomi Mi Pad 2 - Harga Dan Spesifikasi

Sebab, ini bisa membuat ponsel tergores, termasuk penutup lensa kamera. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan foto atau video menjadi buram.

Solusinya adalah dengan perlahan menggosok lensa kamera secara merata dengan pasta gigi dan kain lembut. Ini tidak terlalu efektif, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan beberapa goresan dan membuat penutup lensa kamera terlihat sedikit lebih halus.

untuk jaga-jaga kedepannya, disarankan untuk menggunakan pelindung smartphone atau silikon. Karena selain mencegah case ponsel tergores, juga membantu mencegah kamera bersentuhan secara langsung dengan benda kasar saat Anda menempatkan smartphone Anda di meja maupun lantai.

Nah, itulah 3 penyebab kamera smartphone buram dan solusi mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda sekalian, walaupun tidak banyak. Salam sejahtera untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan