15+ Situs Download MP3 / Lagu Gratis Bebas Hak Cipta

  • by

Banyak orang yang mencari Situs Download MP3 yang gratis dan bebas hak cipta. Biasanya mereka akan menggunakannya untuk konten video mereka atau untuk kebutuhan lainnya.

Tempat Download Lagu – Konten video adalah salah satu konten online paling populer. Semakin banyak orang menyadari bahwa video dapat menjadi salah satu strategi pemasaran online paling efektif. Anda dapat menggunakan konten video yang menarik untuk meningkatkan kesadaran akan merek bisnis Anda atau memperkenalkan merek pribadi Anda sendiri.

Situs Download MP3

Membuat video terdengar mudah, tetapi tidak. Salah satu kesulitan yang sering dihadapi pembuat video adalah menemukan situs web yang mengunduh lagu dan musik gratis yang dapat digunakan tanpa memikirkan hak cipta.

Menemukan lagu dan musik yang legal dan gratis untuk video online adalah salah satu hal yang sulit. Sebagai pembuat video online, Anda memerlukan soundtrack yang bagus yang cocok untuk pekerjaan video Anda, tetapi terkadang Anda ingin menghindari pelanggaran undang-undang hak cipta. Namun, itu tidak membuat frustrasi seperti membuat video hanya untuk memastikan bahwa YouTube telah menghapus video karena pembajakan musik dan mengunggah video ke YouTube.

Untungnya, ada beberapa sumber daring tempat Anda dapat menemukan lagu dan musik terbaik untuk proyek video Anda. Untuk menemukan musik bebas royalti untuk video online, kami telah menyusun daftar 15 situs hebat.

Situs Download MP3 / Lagu Gratis Bebas Hak Cipta Untuk Video YouTube

Namun, sebelum kita masuk lebih dalam ke berbagai situs web yang menawarkan musik gratis untuk video, mari kita jelaskan mengapa Anda perlu mencari lagu yang dilindungi hak cipta dan cara mengatasinya.

Setiap kali Anda menemukan gambar, lagu, atau musik (atau konten online), mungkin memiliki:

  • Memiliki lisensi yang melarang Anda menggunakannya
  • Tidak memiliki lisensi sama sekali

Karena konten diposting ke Internet, dengan asumsi Anda tidak perlu meminta izin terlebih dahulu, menggunakannya akan membuat tindakan Anda ilegal. Karena undang-undang hak cipta cenderung mendukung pembuat konten, Anda dapat dikenai tindakan pelanggaran jika Anda menggunakan konten orang lain tanpa izin, bahkan jika Anda memposting konten yang dapat dengan mudah disalin dan digunakan pengguna lain secara online.

Sekarang, menyalin dan menempel hobi dan proyek pribadi kecil mungkin tidak mengarah pada masalah nyata (meskipun itu masih ilegal), tetapi menggunakannya untuk hal-hal besar seperti publikasi online dan makalah akademis Cukuplah bagi pihak yang bermasalah untuk bertindak. Tidak masalah apakah Anda memberikan kredit kepada pemilik pekerjaan atau pabrikan – mereka dapat dengan mudah meminta kompensasi uang, bukan hanya menghargai pekerjaan itu.

Karenanya, untuk menghindari semua masalah ini, yang terbaik adalah mencari konten dengan lisensi Creative Commons.

Situs Download MP3

Apa Itu Creative Commons?

Creative Commons adalah serangkaian lisensi yang secara otomatis memungkinkan operasi seperti penggunaan kembali dan distribusi konten. Apakah karya turunan diizinkan dan apakah konten dapat digunakan untuk tujuan komersial tergantung pada lisensi Creative Commons (CC) tertentu. Lisensi ini sering dianggap “setara dengan sumber terbuka” dari karya non-kode.

Selama Anda menggunakan konten dengan mudah di bawah lisensi ini dan mengaitkannya dengan pencipta, Anda dapat menggunakannya untuk pekerjaan Anda. Ada total 7 lisensi CC yang berbeda.

1. CC0

Yang merilis konten ke domain publik. Anda bebas melakukan apapun yang Anda inginkan dengan ini, dan Anda bahkan tidak perlu mengaitkan pekerjaan itu dengan siapapun. Ini pada dasarnya diberikan untuk Anda (dan orang lain). Europeana menggunakan lisensi ini untuk metadata mereka.

2. CC BY (CC Attribution)

Yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli. Saylor.org menggunakan lisensi ini untuk semua konten mereka.

Rekomendasi  Download PPSSPP For Android or PC Original And Mod Texture Version

3. CC BY-SA (CC Attribution-ShareAlike)

Yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli, dan Anda membagikan modifikasi Anda dengan lisensi yang sama (atau yang kompatibel). Wikipedia menggunakan lisensi ini untuk konten mereka.

4. CC BY-ND (CC Attribution-NoDerivatives)

Yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dan berbagi pekerjaan selama Anda memberi credits pada pencipta asli, namun Anda tidak diizinkan melakukan modifikasi terhadapnya. GNU dan FSF menggunakan lisensi ini untuk situs web mereka.

5. CC BY-NC (CC Attribution-NonCommercial)

Yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli, dan Anda setuju untuk tidak menjual atau memodifikasi karya tersebut. Museum Brooklyn menggunakan lisensi ini.

6. CC BY-NC-SA (CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike)

Yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli, dan Anda setuju untuk tidak menjual karya tersebut atau modifikasi yang Anda lakukan. Anda juga setuju untuk membagikan karya modifikasi Anda dengan lisensi yang sama (atau yang kompatibel). Lisensi ini digunakan oleh MIT Open Courseware.

7. CC BY-NC-ND (CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives)

Yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dan berbagi pekerjaan selama Anda memberi penghargaan pada pencipta asli, namun Anda tidak diizinkan melakukan modifikasi terhadap karya tersebut. Anda juga setuju untuk tidak menjual pekerjaan itu. TED Talks video menggunakan lisensi ini.

Organisasi Creative Commons menyatakan bahwa lisensi non-komersial melarang penggunaannya yang “terutama ditujukan untuk atau ditujukan pada keuntungan komersial atau kompensasi moneter.” Organisasi CC tidak ingin lebih deskriptif dari itu, dan menyarankan agar Anda menghubungi pencipta konten jika Anda tidak yakin. Jika tidak, cukup cari konten yang ramah komersial karena Anda juga tidak akan memiliki masalah dengan itu.

Dalam hal contoh gambar, penggunaan biasanya dianggap komersial jika Anda harus membayar untuk menampilkan konten atau mengakses produk yang mengandung gambar. Dalam arti tertentu, pihak mendapat manfaat dari ini karena orang membayar sebagian dari jumlah penuh untuk melihat gambar ini. Jika gambar digunakan dengan cara yang tidak menguntungkan, itu dianggap nirlaba.

Jika Anda kesulitan menemukan konten berlisensi CC, Anda dapat dengan mudah mengakses halaman pencarian organisasi CC menggunakan Google dengan pengaturan tertentu.

Seperti yang Anda lihat, Anda dapat dengan mudah mendapatkan konten yang Anda butuhkan tanpa masalah hukum atau etika. Dan begitu Anda memasukkannya ke dalam alur kerja, itu tidak membutuhkan waktu lebih lama dari pencarian normal.

Sekarang mari kita lihat 15 situs web yang akan membantu Anda mendapatkan lagu tanpa hak cipta.

Situs Download MP3 Bebas Royalti

1. Youtube Audio Library


Situs Download MP3

Cara termudah untuk menemukan audio video adalah dengan menggunakan perpustakaan audio Youtube. Youtube mengakui bahwa ketika vlog menjadi lebih populer, semakin banyak orang membutuhkan musik tanpa hak cipta. Fitur Youtube ini adalah salah satu sumber umum untuk mendapatkan audio video Youtube.

Pustaka audio Youtube memungkinkan Anda untuk menambahkan efek musik dan suara langsung ke semua video Youtube. Anda juga dapat mengunduh musik yang tersedia jika Anda ingin menambahkan backsound ke video Anda melalui perangkat lunak pengeditan video.

Fitur ini menyediakan ratusan efek musik dan suara tanpa hak cipta. Anda dapat dengan mudah mencari musik. Perpustakaan Audio Youtube mengkategorikan musik ke dalam berbagai kategori seperti genre, instrumen, suasana hati, durasi, dan atribut.

Sebagian besar musik yang tersedia tentu saja dilindungi dari hak cipta. Namun, beberapa pemilik musik meminta Anda memberi kredit pada video tersebut. Mari kita berpikir sebentar. Musiknya masih gratis dan dapat digunakan secara bebas selama Anda menyebutkan siapa komposer musik atau pemiliknya.

Rekomendasi  Baca! Samsung Galaxy S7 Vs Apple Iphone 7, Siapa Yang Lebih Keren?

2. Epidemic Sound 

Epidemic Sound adalah salah satu situs web musik bebas-royalti paling populer saat ini. Situs web ini menggunakan sistem berlangganan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan lagu sebanyak mungkin dengan membayar berlangganan bulanan atau tahunan. Harga disesuaikan dengan tampilan bulanan saluran, dan Anda sudah dapat menggunakan lagu yang berbeda di situs web Anda.

3. Mobygratis

Situs Download MP3

Moby Free menawarkan berbagai musik dari artis terkenal tanpa masalah hak cipta untuk digunakan dalam video YouTube. Semua trek disediakan dalam format MP3 dan dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Khususnya, Moby Free menyediakan musik ini untuk pengguna yang membuat video tanpa keuntungan komersial. Jika Anda berpikir untuk membuat video yang menghasilkan uang, situs ini tidak cocok untuk Anda.

4. CCMixter

Situs Download MP3

CCMixter adalah bagian dari upaya Common Creative untuk menyediakan media tanpa hak cipta online. Dengan Mixter, Anda dapat menikmati mengunduh berbagai lagu sampel. Cari musik Anda di perpustakaan yang menawarkan berbagai genre dan gaya untuk menemukan lagu favorit Anda dan taruh di video Anda untuk musik latar. Anda juga dapat membuat lagu mashup di situs web ini.

Semua musik yang tersedia di situs web ini sepenuhnya gratis, tetapi beberapa pemilik lagu meminta Anda untuk memberi kredit pada video Anda.

5. Incompetech

Incompetech adalah situs web Kevin MacLeod. MacLeod secara teratur menawarkan musik untuk membantu orang yang perlu membuat proyek sekolah, video YouTube, dan bahkan film dan permainan amatir.

Untuk mencari lagu di situs web ini, mulailah dengan memeriksa kategori yang tersedia. Musik dikategorikan berdasarkan genre dan nuansa. Pada halaman FAQ situs, Anda dapat melihat bahwa semua musik di situs ini sepenuhnya gratis dan dapat digunakan sebagai soundtrack video.

Jika Anda menggunakan musik atau lagu dari situs web ini, jangan lupa untuk memberi kredit pada videonya.

6. Bensound

Situs Download MP3

Bensound adalah perusahaan milik musisi Prancis yang menawarkan musik umum kreatif untuk video. Semua musik di situs ini berkualitas tinggi dan mudah digunakan. Buka saja kategori “Royalty Free Music” dan unduh musik yang ingin Anda gunakan untuk video Youtube. Mereka juga menawarkan opsi pembayaran untuk paket berlangganan.

7. Musopen

Situs Download MP3

Situs ini jelas unik dibandingkan dengan situs web musik gratis lainnya. Musopen menawarkan musik yang masa hak ciptanya telah kedaluwarsa. Selain musik, situs web ini menyediakan rekaman musik gratis, skor musik, dan buku teks untuk pengunjung dan pengguna tanpa melanggar hak cipta.

Musopen juga memungkinkan Anda untuk mencari musik berdasarkan komposer, penyanyi, instrumen, periode, dan jenis musik. Mereka juga memiliki koleksi lengkap musik klasik untuk Anda yang tertarik dengan genre musik ini.

8. Partners in Rhyme

Situs Download MP3

Ada berbagai jenis audio di Situs Download MP3 ini. Dari loop musik gratis hingga efek suara, file MIDI, dan banyak jenis lainnya, Partners in Rhyme memiliki segalanya. Anda mungkin harus membayar untuk musik yang tidak dilindungi hak cipta jika Anda ingin menggunakannya. Tetapi masih ada banyak musik gratis untuk digunakan.

9. Free Soundtrack Music

Situs Download MP3 ini menyediakan trek non-hak cipta untuk digunakan dalam film, video YouTube, game, dan produksi multimedia lainnya. Seperti halnya mitra Limes, beberapa musik yang disediakan oleh mitra harus dibayar jika Anda ingin menggunakannya. Namun, Free Soundtrack Music masih memiliki koleksi musik gratis yang dapat Anda unduh dan gunakan dengan mudah untuk produksi video.

Free Soundtrack Music menawarkan berbagai genre dan artis. Anda juga dapat menemukan loop dan musik latar yang dapat Anda gunakan untuk membuat video terbaik.

Rekomendasi  Kail Pancing Mod Apk - Download Versi Terbaru

10. PacDV

PacDV menyediakan efek musik dan suara gratis. Trek yang tersedia di situs web ini dapat digunakan secara gratis untuk video, film, audio, dan proyek multimedia lainnya. Mereka meminta pengguna musik mereka untuk menambahkan backlink ke situs web atau mendapatkan kredit proyek.

10 Aplikasi Download Lagu Gratis

11. Synkio

Situs Download MP3 musik non-hak cipta ini sedikit berbeda dari situs web musik non-hak cipta lainnya. Untuk menggunakan situs ini, Anda akan diminta untuk mengisi survei. Hasil survei ini akan digunakan nanti oleh tim Synkio untuk memberikan daftar pilihan yang mencakup apa yang Anda cari dan lagu serta lagu yang sesuai dengan anggaran Anda.

Anda mendapatkan daftar harga yang jelas dan sederhana untuk semua trek yang mereka tawarkan. Synkio memberikan musik berkualitas tinggi yang memuaskan sehingga Anda tidak perlu khawatir.

12. Audionautix

Audionautix hanya memiliki musik yang dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons 3.0 yang tidak porting. Ini berarti Anda dapat dengan bebas berbagi dan mencampur audio untuk penggunaan komersial. Dengan fitur luar biasa Audionautix, Anda dapat mencari trek tidak hanya berdasarkan genre tetapi juga oleh suasana hati dan tempo. Ini membuatnya mudah untuk menemukan audio terbaik untuk pekerjaan Anda.

13. Free Music Archive

Tagline Free Music Archive  adalah baris yang menarik bagi siapa pun yang mencari musik Creative Commons yang hebat. “Bukan hanya musik gratis, tapi ini musik yang bagus”. Saat mencari musik berdasarkan genre atau komposer, Anda dapat membuka setiap lagu atau album untuk melihat jenis lisensi yang dipilih oleh penulis berikut: Genre termasuk lisan, internasional, rock, hip hop dan elektronik.

14. CCTrax

CCTrax memungkinkan Anda mencari seluruh pustaka musik Creative Commons berdasarkan genre. Genre yang terdaftar di situs ini termasuk electronica, dub, hip hop, rumah, jazz, piano, dan klasik modern. Ada juga diagram yang mengategorikan lisensi Creative Commons, sehingga Anda dapat lebih memahami arti dari masing-masing lisensi. Ini juga bagus ketika Anda ingin berbagi musik.

15. Jamendo

 

Jamendo menawarkan perpustakaan lebih dari 400.000 lagu, tetapi tidak semuanya dilisensikan di bawah Creative Commons, jadi ketika memilih musik dari Situs Download MP3 ini, pilih hanya lagu yang tersedia secara gratis. Meskipun Anda tidak dapat memfilter hasil pencarian hanya untuk menunjukkan hasil lisensi CC, tetapi semua audio yang tidak tersedia memiliki tombol “pro” yang membuatnya mudah dikenali. Lisensi untuk setiap lagu tercantum di bagian bawah halaman, jadi gulir ke bawah untuk melihat bagaimana Anda menggunakan audio.

16. Audiofarm

Audiofarm adalah Situs Download MP3 yang menyediakan pengunjung dengan lagu-lagu Creative Commons. Selain menemukan musik dari berbagai genre, Anda juga dapat mengunduh rekaman suara. Rekaman audio yang termasuk dalam Audiofarm adalah aktor suara, komedi, dan berita. Ini adalah situs lain di mana tidak semua konten yang dibagikan di Audiofarm dilisensikan dengan Creative Commons, jadi Anda perlu memeriksa lisensi.

Semua Situs Download MP3 di atas hanyalah beberapa dari banyak perpustakaan musik di sana. Apakah Anda tahu situs web musik lain yang menawarkan musik tanpa hak cipta? Apakah Anda menggunakan Creative Commons selain itu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Sumber: dewaweb.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *