Fungsi Kartu End Screen (Layar Akhir) YouTube Dan Cara Pasangnya

Hai YouTuber… Senang rasanya kamu bisa mampir di blog ini dan membaca artikel yang saya tulis disini. Ya walaupun mungkin tidak sengaja nemu blog sederhana ini atau mungkin memang sengaja. Tapi bukan itu masalah yang saya ingin bahas disini.

Mungkin kamu datang kesini karena ingin tau kan caranya agar video yang kamu unggah di YouTube bisa mendapatkan viewer yang banyak? Untuk itu kamu mampir disini. Dan seperti judul yang tertulis di atas, saya akan kasih tau caranya meningkatkan viewer YouTube dengan menggunakan end screen (kartu layar akhir) di video kamu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Apa itu end screen dan fungsinya?

Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun karena masih banyak yang belum mengerti cara pasangnya dan fungsinya untuk apa, jadi masih banyak para YouTuber yang belum menggunakan fitur ini, dan itu kebanyakan para YouTuber pemula.

Fitur end screen sendiri sebenernya adaptasi dari fitur anotasi. Dan tentu kita tau manfaat anotasi itu untuk apa? Ya, untuk mengundang para penonton agar melihat video kita yang lainnya sebelum video yang di tonton itu berakhir. Namun sayangnya, fitur ini nampaknya kurang efisien jika di gunakan pada masa ini.

Hal ini di karenakan fitur anotasi hanya dapat di gunakan melalui PC. Artinya pengguna yang menonton YouTube melalui perangkat mobile (ponsel) tidak akan bisa mengakses fitur anotasi yang di pasang, karena tidak akan muncul. Sedangkan para pengguna YouTube saat ini, kebanyakan melalui ponsel untuk melihat video atau channel kesayangannya.

Berbeda dengan fitur end screen, yang bisa di gunakan pada perangkat apapun. Jadi jika kamu menggunakan fitur ini, maka video kamu akan berkesempatan mendapatkan viewer yang lebih banyak dari sebelumnya.

Rekomendasi  Clash Royale Game RPG Yang Cocok Untuk Santai

Cara kerja end screen (layar akhir) 

Seperti namanya, fitur ini sudah pasti akan bekerja di menit-menit akhir video kita, tepatnya 20 detik terakhir dari video yang kita unggah untuk itu, sangat penting untuk menentukan video mana yang di rekomendasikan untuk penonton sebelum video kita benar-benar berakhir.

Hal ini tujuannya, supaya penonton tidak bingung mau nonton video apalagi setelah menonton video kamu? Sedangkan di channel kamu, sudah pasti banyak video yang cukup bagus untuk di tonton. Dan jika penonton kamu berlalu begitu saja, bukankah itu akan membuat kamu merasa menyesal? Untuk itu, gunakan fitur ini sebaik-baiknya.

Yang harus di ketahui manfaat dari fitur ini selain untuk mencegah penonton menonton video milik orang lain, fitur ini juga akan membimbing penonton untuk mensubscribe channel kita. Karena bukan hanya video lainnya yang di sarankan, penonton juga akan di sarankan untuk mensubscribe channel kamu. Hal ini di tunjukkan dengan ikon profil channel kamu yang ikut muncul di fitur end screen. Nah, kamu juga berkesempatan menambah subscriber.

Kira-kira sampai disini, sudah paham belum mengenai fungsi dari end screen? Jika sudah, mari kita lanjut ke cara pemasangannya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

* Pertama, masuklah ke channel YouTube kamu. (Tidak perlu saya jelaskan, kan? Cara masuk ke channel YouTube kamu?) Setelah kamu berhasil masuk ke channel YouTube kamu, langsung pergi ke pengelola video. Dan pilih video mana yang ingin kamu kasih end screen.

* Selanjutnya, klik kata “edit”, atau jika mau cepat langsung saja klik tanda panah ke bawah yang tepat di samping kata “edit”, setelah muncul menu drop down, pilihlah “layar akhir dan anotasi”, persis seperti di gambar.

* Jika sudah, kamu nanti akan di bawah ke laman edit kartu end screen. Pertama yang kamu lakukan, klik “gunakan template” untuk memilih tampilan kartu kamu nantinya.

* Jika sudah menentukan template mana yang akan di gunakan, silahkan klik tombol “pilih”.

* Dan yang terkahir adalah, silahkan pilih video mana yang ingin kamu tampilkan di kartu end screen pada 20 detik terakhir di video kamu. Pikirkan keserasian video yang satu dengan yang lainnya. Hal ini agar membuat penonton tidak ragu-ragu untuk mengklik end screen yang telah kamu buat. Dan tentu saja video kamu akan mendapat banyak view. Jika sudah di tentukan, klik “simpan”. Maka layar akhir video kamu akan menjadi indah dan menggoda untuk di tayangkan lebih banyak lagi.

Nah, itu dia penjelasan mengenai end screen, fungsi, dan cara memasangnya. Semoga setelah memasang kartu ini, video kamu jadi makin banyak yang melihat. Sampai jumpa… 

Rekomendasi  Pesan Samsung Galaxy Note 9 Melalui Amazon, Dapat Bonus Wireless Charger Duo

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hai YouTuber… Senang rasanya kamu bisa mampir di blog ini dan membaca artikel yang saya tulis disini. Ya walaupun mungkin tidak sengaja nemu blog sederhana ini atau mungkin memang sengaja. Tapi bukan itu masalah yang saya ingin bahas disini. Mungkin kamu datang kesini karena ingin tau kan caranya agar video yang kamu unggah di YouTube…

Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!