Ternyata Film Makoto Shinkai ” Suzume no Tojimari ” Terinspirasi Dari Tragedi Ini!

Usai penayangan perdana Suzume no Tojimari, sebuah film anime, sang sutradara terkenal Makoto Shinkai (yang juga mengarahkan film-film seperti Kimi no Na Wa dan Tenki no Ko) mengadakan sesi tanya-jawab dengan para penonton. Dalam sesi tersebut, ia berbagi rincian menarik, termasuk tentang inspirasi di balik cerita dalam film tersebut.

Ternyata Film Makoto Shinkai " Suzume no Tojimari " Terinspirasi Dari Tragedi Ini!

Ketika ditanya secara spesifik mengenai asal-usul ide film tersebut, Makoto menceritakan kisah tragis dari produksi yang baru saja ia kerjakan dan makna penting yang terkandung di dalamnya. Sesi tanya-jawab ini menawarkan kesempatan bagi para penonton untuk memperoleh wawasan berharga tentang proses kreatif sang sutradara dan tema-tema yang ia eksplorasi dalam karyanya.

Tahukah kamu bahwa film anime Suzume no Tojimari karya Makoto Shinkai memiliki dasar dari kisah nyata yang terjadi di dunia nyata?

Dalam film ini, Shinkai mengambil inspirasi dari sebuah kejadian nyata yang menarik perhatiannya dan memberikan pengaruh besar pada plot cerita. Meski dibungkus dengan unsur fantasi dan fiksi, namun inti dari film ini terinspirasi dari kejadian yang benar-benar terjadi.

Tentu saja, seperti sutradara hebat lainnya, Shinkai memberikan sentuhan kreativitas dan visual yang menakjubkan untuk membawa kisah ini ke layar lebar. Namun, fakta bahwa cerita ini didasarkan pada kisah nyata membuat pengalaman menontonnya semakin istimewa dan mampu menyentuh hati para penonton dengan lebih dalam.

Makoto Shinkai memberikan jawaban yang menggugah perasaan ketika ditanya tentang inspirasi di balik film anime Suzume no Tojimari. Ia mengungkapkan bahwa kisah tersebut didasarkan pada tragedi nyata yang terjadi di Fukushima pada tahun 2011.

Gempa berkekuatan 9,0 mengguncang wilayah tersebut dan memicu tsunami yang mengakibatkan kerusakan parah pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Akibatnya, bahan radioaktif dilepaskan dan ribuan orang terpaksa dievakuasi. Dampaknya masih terasa hingga saat ini, lebih dari satu dekade kemudian, dan masyarakat setempat masih berjuang untuk pulih dari bencana tersebut.

Berita terkait:   Sinopsis Anime C Danchi | Fall 2022

Dalam filmnya, Shinkai ingin menghormati dan mengenang mereka yang terdampak bencana, serta menyampaikan pesan harapan dan ketangguhan. Melalui kisah fiksi Suzume no Tojimari, ia mencoba memberikan semangat dan inspirasi bagi mereka yang terus berjuang dalam menghadapi kesulitan dan tantangan hidup.

Tanggapan Sutradara Suzume no Tojimari

Lihat di bawah untuk tanggapan penuh dan emosional sutradara terhadap pertanyaan:

“ Bagaimana Anda mendapatkan ide untuk film ini? :

“ Saya tidak tahu seberapa banyak Anda menyadarinya di akhir film, tapi film ini didasarkan pada tragedi nyata yang terjadi di Jepang 12 tahun lalu. Pada tahun 2011, di wilayah timur laut Jepang, terjadi gempa besar yang belum pernah terjadi sebelumnya di Jepang, dan setelah gempa terjadi sesuatu yang lebih buruk, gelombang pasang besar yang menyapu dan menelan sebagian besar kota itu, dan setelah itu, puncaknya, ada adalah kecelakaan nuklir di reaktor Fukushima, dan orang-orang yang tertinggal setelah tsunami juga tidak dapat terus tinggal di sana.

Jadi, 12 tahun yang lalu di Jepang, di wilayah itu, banyak anak-anak yang memiliki pengalaman persis seperti Suzume. Jadi pemandangan yang kita lihat di film adalah pemandangan nyata yang biasa kita lihat di Jepang bertahun-tahun yang lalu. Dan saat Suzume melompat ke alam baka ada api, kan? Ingat bagian itu? Nah, kebakaran itu ada, nyata, yaitu ada ledakan dan kebakaran gas dan banyak kerusakan.

Dan saya menulis adegan khusus itu karena setelah 12 tahun mengalami peristiwa yang begitu mengerikan, tentu saja luka di hatinya masih belum sembuh, api itu masih menyala di dalam hatinya, jadi ada sesuatu yang sangat tidak biasa. Saya tidak tahu apakah Anda menyadari bahwa ada kapal yang terdampar di gedung yang juga merupakan skenario nyata.

Gempa laut itu begitu kuat sehingga mengangkat kapal-kapal dan meninggalkannya di atas atap bangunan. Nah, karena latar belakang film ini adalah kisah yang begitu tragis dan menyedihkan, saya ingin entah bagaimana mengimbanginya dan membuat film ini menjadi film yang membahagiakan, film yang benar-benar bisa mereka nikmati.

Dan itu karena, seburuk apa pun bencana yang kita alami, apa yang harus kita lalui, sesedih dan tragis apa pun peristiwa yang mengelilingi kita, kita dapat memperoleh kembali kebahagiaan, kita dapat dengan tenang bergerak maju dan terus maju, dan itulah sesuatu yang ingin saya percayai secara mendalam.

Jadi jika kalian bisa menonton film ini dan mungkin sedikit tersenyum, itu akan membuatku sangat bahagia. Terima kasih banyak telah menonton film ini ”.

Berita terkait:   Sinopsis Anime Enen no Shouboutai (Pemadam Kebakaran) - Review Anime Summer 2019

Sinopsis film Makoto Shinkai Suzume no Tojimari

Ternyata Film Makoto Shinkai " Suzume no Tojimari " Terinspirasi Dari Tragedi Ini!

Di sisi lain pintu adalah waktu secara keseluruhan—
Perjalanan Suzume yang berusia 17 tahun dimulai di kota yang tenang di Kyushu ketika dia bertemu dengan seorang pria muda yang mengatakan kepadanya, “Saya sedang mencari pintu.” 

Apa yang Suzume temukan adalah satu pintu usang yang berdiri di tengah reruntuhan, seolah-olah terlindung dari malapetaka apa pun. Tampak terhipnotis oleh kekuatannya, Suzume meraih kenop pintu…

Pintu mulai terbuka satu demi satu di seluruh Jepang, mendatangkan malapetaka pada siapa pun di dekatnya. Suzume harus menutup portal ini untuk mencegah bencana lebih lanjut.

Bintang-bintang
Matahari terbenam
Langit pagi
Di alam itu, seolah-olah semua waktu telah melebur ke langit—
Terpikat oleh pintu misterius ini, perjalanan Suzume akan segera dimulai.

Web resmi: https://suzume-tojimari-movie.jp/

Sumber: garotasquecurtemanimes