Fitur Tersembunyi Facebook Ada 8? Sudah Tahu?

  • by

Ada sekitar 8 fitur tersembunyi Facebook, apakah Anda sudah mengetahuinya? 

Sebagai layanan media sosial terbesar didunia, nampaknya keseriusan facebook untuk memanjakan penggunanya tidaklah main-main. Karena seperti yang kita tahu, facebook terus melakukan update secara rutin, terutama pada aplikasinya. Nah, didalam update tersebut, tentu facebook tidak hanya memperbaiki bug-bug yang ada tetapi juga memberikan beberapa fitur tambahan, agar penggunanya merasakan sensasi yang berbeda dari facebook dan tidak bosan menggunakan layanan fecebook.

Namun, didalam fitur-fitur baru yang ditambahkan facebook, ternyata ada beberapa fitur yang terbilang tersembunyi atau masih belum banyak diketahui orang banyak. Nah, diantara fitur tersembunyi itu, kemungkinan ada fitur yang selama ini kamu inginkan di facebook? Untuk mengetahuinya, yuk kita bedah fitur apa saja yang tersembunyi itu!

Fitur Tersembunyi Facebook Belum Banyak Yang Tahu

Seiring dilakukannya update konten secara berkala, itu membuat facebook seperti memiliki fitur tersembunyi.

Bukanlah hal aneh bila facebook terus berinovasi denga menambahkan fitur-fitur baru yang terbilang unik. Hal ini guna membuat penggunanya tetap setia menggunakan layanan Facebook.

Karena seperti yang kita tahu, tiap tahunnya terus muncul layanan media sosial baru yang berpotensi menjadi saingan facebook berikutnya. Untuk itulah faacebook terus melakukan update secara berkala.

Mungkin kamu udah nggak sabar ingin tahu fitur apa saja yang belum banyak diketahui fungsinya? Berikut saya rangkum dari Jalan Tikus.

1. Interest Lists

 
fitur-tersembunyi-facebook-1
Sumber foto: postplanner.com

Fitur ini sangat berguna sekali untuk pengguna yang merasa risih atau tidak mau melihat status-status tertentu di beranda facebook miliknya. Seperti misalnya saya. Mendekati pemilihan presiden seperti sekarang, sudah pasti beranda facebook dipenuhi dengan status teman-teman yang selalu update tentang pilihan calon presidennya. Akibatnya itu akan menuai perdebatan yang menurut saya tidak saling menguntungkan. Karena debat yang seperti itu hanya berdampak saling mencaci dan menghina saja. Nah, status yang seperti itu membuat saya risih dan tidak mau lagi melihatnya.

Rekomendasi  #5 Aplikasi Video Slow Motion Android Terbaik Dan Rekomendasi Banget

Oleh sebabnya saya menggunakan layanan fitur Interest List ini, agar memfilter status apa saja dan punya siapa saja yang boleh muncul di beranda facebook saya. Karena kalau mau memblokir atau membatalkan prtemanan, rasanya agak nggak enak. Mending itu kalau orang yang nggak dikenal, tapi kalau orang yang kenal? Seperti saudara? Kan takutnya punya kesan yang gimana gitu. Untuk itulah muncul fitur Interest List.

Lalu, gimana cara penggunaanya? Caranya cukup mudah, dan bisa kamu praktekkan sekarang juga. Caranya; kamu hanya perlu masuk ke link https://www.facebook.com/addlist dan kemudian klik Create List. Setelahnya, kamu bisa mulai menambahkan halaman ataupun teman yang hanya ingin kamu lihat. Cukup mudah, kan?

Nah, sekarang kamu dapat menikmati fecebook kamu dengan penuh kedamaian tanpa adanya status-status yang hanya membuat kamu mengeluarkan aura negatif saja.

2. Facebook Video Calls

 
fitur-tersembunyi-facebook-2

Fitur ini mungkin kamu sudah mengetahuinya, karena ini ada kaitannya dengan Facebook Messenger. Ya, kamu bisa melakukan panggilan video melalui Facebook. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menyapa keluarga, kerabat, hingga kekasih kamu sambil bertatap muka. Caranya juga gampang. Kamu tinggal pilih teman yang ingin kamu hubungi dengan menggunakan panggilan video, kemudian klik tombol di sudut kanan atas. Dan apabila teman kamu sedang tidak bisa dihubungi atau offline, maka akan muncul pesan [Nama] is currently unavailable for video calling.

3. See First

 

Fitur See First, mungkin ini cocok buat kamu yang lagi suka dengan seseorang yang juga merupakan teman facebook kamu. Pasalnya, dengan menggunakan fitur ini, postingan terbaru si doi akan terus muncul di atas beranda facebook kamu. Dengan kata lain, fitur ini sangat membantu untuk terus mengikuti update terbaru dari si dia. Jadi, tetap  terus mengetahui berita tentang dia.

Rekomendasi  Kabar Baru Tentang Xiaomi Black Shark

4. Save

 
Aplikasi Facebook
Sumber foto: uk.pcmag.com

Saat tengah berselancar di Facebook untuk mencari kabar terbaru dari teman-teman, terkadang kita melihat sebuah halaman atau postingan teman yang menarik untuk dibaca. Namun karena terlalu panjang dan pada saat itu kita tidak memiliki cukup waktu, jadi kita ingin menyimpannya lebih dulu. Nah, fitur inilah yang akan membantu kamu melakukan hal itu.

Dengan kata lain, fitur Save memungkinkan kamu untuk tetap bisa membaca konten yang menarik tersebut yang belum sempat kamu baca. Fitur ini bisa digunakan melalui aplikasi facebook seluller maupun melalui situsnya, sehingga sangat lebih fleksibel.

5. Inbox Tersembunyi

 
Aplikasi Facebook - Inbox
Sumber foto: uk.pcmag.com

Fitur ini mungkin kamu juga sudah mengetahuinya.Ya, benar! Jadi fitur ini memungkinkan teman atau orang lain yang belum berteman dengan akun facebook kamu tetap dapat mengirim pesan dengan kamu, namun dengan syarat kamu harus menyetujuinya lebih dulu. Maksudnya adalah, pesan dari orang yang belum berteman itu, secara otomatis pesan tersebut akan masuk ke tab Message Requests. Untuk melihat pesan yang lain, kamu bisa menekan tombol See filtered requests.

6. Restricted

 
fitur-tersembunyi-facebook-5
Sumber foto: uk.pcmag.com

Saat kita membuat status untuk facebook, terkadang kita merasa bahwa status tersebut tidak pantas untuk ditujukan kepada orang-orang tertentu. Misalnya saja kamu nggak mau salah paham dengan teman kamu gara-gara status yang kamu buat itu. Oleh sebabnya, kamu ingin tetap membuat status tersebut namun tidak ingin teman kamu itu melihatnya. Maka dari itu, fitur Restricted hadir untuk menjawab permasalahan kamu itu.

Cara menggunakannya, cukup kunjungi profil teman yang ingin kamu blok agar tidak melihat postingan kamu, kemudian klik menu drop-down yang ada di laman profil tersebut, setelahnya pilih Restricted. Selamat! Permasalahan kamu selelsai.

Rekomendasi  Sejumlah Karyawan Google Undurkan Diri Massal Terkait Project Maven

7. Aktivitas Facebook

 
fitur-tersembunyi-facebook-6
Sumber foto: uk.pcmag.com

Selama bermain facebook, terkadang kita ingin flashback kemasalalu, atau sekedar ingin tahu apa saja yang telah kita lakukan di facebook. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, muncullah fitur ini. Mungkin ini seperti fitur Log Aktivitas, namun disini kamu akan mendownload semua data aktivitas kamu di facebook. Jadi, bisa kamu simpan dan bisa dilihat lagi dikemudian hari. Cukup menarik, bukan?

Cara untuk mengakses fitur ini juga cukup mudah. Caranya kamu tinggal pergi ke Settings > Your Facebook Information lalu klik Download Your Information. Setelahnya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada untuk mengunduh semua data-data kamu. Fitur ini juga sangat berguna apabila kamu ingin menghapus akun Facebook kamu.

8. Menonaktifkan Pemberitahuan Ulang Tahun

 
fitur-tersembunyi-facebook-7
Sumber foto: uk.pcmag.com

Mengetahui bahwa hari ini doi ulang tahun mungkin itu hal yang menyenangkan. Tapi kalau diberitahu kalau orang yang tidak dikenal ulang tahun, apakah kamu akan senang? Kebanyakan dari kita merasa terganggu dengan fitur pemberitahuan ulang tahun yang
Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya peru pergi ke Settings > Notifications > On Facebook > Edit. Selain notifikasi ulang tahun, kamu juga bisa menonaktifkan notifikasi lain yang kamu anggap menganggu.

Nah, itulah 8 fitur Facebook yang mungkin masih banyak yang belum tahu, termasuk kamu. Saya berharap, semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa lebih menikmati saat membuka akun Facebook kamu. Dan tentunya bisa menjadi lebih bijak lagi dalam penggunaan Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *