Tips Membuat Komik Agar Menarik Perhatian Banyak Orang

Tips Membuat Komik

Tips Membuat Komik Agar Menarik Perhatian Banyak Orang
Cara membuat komik agar menarik

Cara membuat komik agar menarik – Semakin banyaknya komikus Indonesia yang mulai unjuk gigi di jagat internet, di situ juga makin banyak orang-orang (khususnya anak muda) yang juga ikut ingin membuat komik nya sendiri.

Entah itu untuk di publikasikan di akun media sosialnya, ataupun di upload di blog yang mereka kelola. Daya tarik komik sendiri masih sangat kuat untuk di nikmati jalan ceritanya, meskipun hanya komik strip. Ya, untuk sarana hiburan maupun sindiran.

Pencipta komik pun akhir-akhir ini semakin serius memperkenalkan komik buatan mereka sendiri. Dengan karakter yang mereka ciptakan sehingga memberikan ciri khas tersendiri dan agar komik mereka di kenal dengan baik oleh masyarakat umum.

Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat komik sendiri? Bagaimanakah caranya agar komik kita menarik perhatian orang banyak? Dan berikut saya berikan sedikit tips, bagi kamu yang baru belajar membuat komik.

Cara Membuat Komik Agar Menarik Ala Im4j1ner

Sebelum Membuat Komik Tentukan Genre Komik Kamu

Hal penting yang pertama kali harus kamu terapkan adalah genre komik kamu. Usahakan genre yang kamu pilih, itu sesuai dengan passion kamu atau kesukaan kamu. Jangan sampai kamu suka komedi, namun yang kamu buat malah komik fantasi. Itu akan membuat kamu mengalami kesulitan saat membuat alur ceritanya (kecuali kamu juga memang mendalami cerita fantasi).

Rekomendasi  5 Aplikasi Untuk Belajar Menggambar Komik Di Android

Genre komik sendiri sangatlah beragam. Ada komedi, drama, horror, dan lain sebagainya layaknya sebuah film. Kamu tinggal tentukan genre mana yang tepat untuk komik kamu, setelah itu tinggal kamu memperdalam lagi alur ceritanya. Atau mungkin kamu lebih suka komik strip seperti tahilalats? Itu juga tidak masalah. Asalkan memang kamu memiliki kemampuan untuk membuat komik strip semacam itu.

Selanjutnya Sebelum Mulai Membuat Komik Agar Menarik Tentukan tema komik

Tema dengan genre itu berbeda. Kalau genre itu termasuk kategori, sedangkan tema adalah alur cerita dari komik itu sendiri.

Setelah kamu selesai menentukan genre komik kamu, maka segeralah untuk membuat tema komik kamu sendiri. Kalau memilih genre komedi, maka buatlah sebuah konsep tertulis untuk menentukan temanya. Konsep itu sangat penting untuk nantinya dapat menentukan karakter dalam komik kamu. Kamu bisa tulis jalan cerita dari komik kamu di konsep tesebut.

Saya sendiri sebelum mulai membuat karakter, saya buat terlebih dahulu membuat sebuah cerpen pada catatan di ponsel saya. Dimana cerpen itu saya jadikan konsep untuk menentukan karakter dalam komik saya kedepannya. Jika satu konsep telah berhasil di buat, maka gambaran untuk membuat karakter pun pasti dapat. Untuk itu, mulailah untuk menulis konsep komik kamu.

Jika kamu malas membuat cerpen, paling tidak kamu bisa mencatat hal-hal berikut:

  • Tulislah mengenai komik kamu: ceritanya tentang apa? Apakah strip? Atau episode?
  • Tentukan nama-nama karakter dalam komik kamu: ada berapa karakter dalam komik kamu nantinya? Pikirkanlah nama-namanya.
  • Tentukan sifat dari karakter kamu: setiap orang pasti mempunyai sifat yang berbeda-beda. Untuk itu, karakter kamu juga perlu sifat atau ciri khas.
Rekomendasi  Komik Strip Nikahi Aku!

Tentukan Karakter

Karakter dalam komik sudah pasti sangatlah di perlukan. Karena jika tidak ada karakter, maka tidak akan ada cerita. Sekalipun itu hanya spons dan bintang laut, jika berupa karakter, maka akan menjadi cerita yang menarik. Ya, kita tahu itu adalah Spongebob Squarepants. Tentukanlah karakter yang sesuai dengan genre komik kamu. Agar nantinya, cerita dengan karakter sesuai untuk di jadikan sebuah cerita bergambar.

Untuk menentukan karakter seperti apa yang pas, saya pribadi memerlukan waktu sekitar 4 hari, hingga menemukan karakter yang pas untuk komik saya. Jika kamu masih belum pandai menggambar komik seperti komik Jepang ataupun komik Marvell, saya sarankan untuk membuat karakter yang mudah di buat dan di ingat saja. Agar nantinya, ketika membuat karakter yang sama, akan tetap konsisten.

Namun meski demikian, untuk bisa konsisten menggambar karakter yang sama, perlu lah waktu yang cukup lama. Paling tidak, kamu teruslah belajar membuat satu karakter terlebih dahulu, dari sisi depan, belakang, samping, dan menyerong. Agar nantinya, pada cerita yang lain tidak ada kejanggalan pada karakter utama.

Saran dari saya, sebelum membuat karakter, agar lebih mudah dan ada di imajinasi kamu, maka sesuaikanlah dengan nama-nama karakter yang telah di buat pada konsep. Selain menyesuaikan dengan nama, menyesuaikan dengan karakter juga perlu. Jika nama dan karakter sudah sesuai, maka gambaran karakter pun pasti ada.

Membuat Komik Agar Menarik Buatlah ciri khas

Ciri khas dalam komik juga perlu di buat. Agar orang-orang yang membaca komik kamu dapat mengenali. Jika suatu saat ada orang yang mempublikasikan komik kamu tanpa ijin dari kamu, maka penggemar kamu akan memberitahu kamu bahkan mungkin akan membela kamu, kalau kamu mengadukannya atas dasar hak cipta.

Rekomendasi  Magic Poser - Aplikasi Pembuat Pose Karakter Komik Di Android

Untuk membuat ciri khas, tentukanlah pada gambar kamu sendiri. Seperti halnya tahilalats. Karakter dari tahilalats sangatlah memiliki ciri khas. Sehingga, meskipun nantinya di upload oleh orang lain, maka para penggemarnya akan tahu, kalau itu adalah komiknya tahilalats. Jadi, cobalah untuk membuat ciri khas dalam komik kamu.

Mungkin untuk saat ini itu saja tips dari saya untuk membuat komik yang menarik. Jika kamu masih baru mau membuat komik, maka cobalah lakukan cara di atas terlebih dahulu sebelum membuat komik. Untuk bagaimana cara agar komik kamu di kenal banyak orang, insya Allah akan saya buat postingannya. Yang penting, buatlah terlebih dahulu langkah awalnya.

Contoh komik buatan saya

Cara membuat komik agar menarik Cara membuat komik agar menarik – Semakin banyaknya komikus Indonesia yang mulai unjuk gigi di jagat internet, di situ juga makin banyak orang-orang (khususnya anak muda) yang juga ikut ingin membuat komik nya sendiri. Entah itu untuk di publikasikan di akun media sosialnya, ataupun di upload di blog yang mereka…

Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!