Ngeblog Itu Bukan Soal Uang (Ada Yang Lebih Penting)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ngeblog itu bukan tentang cari uang, melainkan tentang menyalurkan hobi menulis dan berbagi informasi. 

Sumber gambar: pixabay.com

Hai pembaca!!! Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai blogging kembali. Dimana kegiatan blogging adalah kegiatan yang positif untuk mengisi waktu dan berbagi hal-hal yang positif. Tentunya, itu tergantung dari segi pandangan masing-masing dan niche yang telah di tentukan oleh pemilik blog tesebut. Menurut saya, kegiatan blogging itu merupakan kegiatan yang sangat positif untuk di lakukan. Dimana, media internet sekarang telah menjadi tempat utama untuk mencari sumber referensi untuk berbagai hal. Untuk itulah saya sangat menyukai kegiatan ini. Walaupun terkadang merasa lelah karena harus memikirkan materi untuk di jadikan bahan postingan, dan selain itu saya pun harus bisa membagi waktu saya di dunia nyata dan dunia maya.

Saya pernah menyerah untuk melanjutkan kegiatan blogging. Ya, karena dulu saya awal menjadi blogger dengan keinginan mendapatkan uang. Hmmm…. Sungguh hal yang konyol, bukan? 

Memang, ngeblog juga bisa dapat uang. Semuanya juga sudah pada tahu. Akan tetapi, setelah beberapa waktu saya lalui dan terus belajar mengenai blog, ternyata ada sisi lain yang menarik dari menjadi seorang blogger. Ini bukan soal uang, melainkan soal pembaca yang masalahnya dapat terselesaikan hanya dengan membaca tulisan yang saya buat. Ya, walaupun saya tidak yakin tulisan saya bermanfaat atau tidaknya. Akan tetapi, ketika ada pembaca yang meninggalkan komentar, di situlah saya merasa blog saya ini bermanfaat.

Nah, berbicara tentang komentar, tidak semua pembaca meninggalkan komentar yang positif, loh! Ada juga pembaca yang berkomentar negatif, dan ya sedikit mencela. Itu bukanlah suatu masalah yang tak lazim. Karena pada dasarnya, setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda.

Kembali lagi ke masalah blogging

Setiap hari pasti selalu ada saja blogger baru yang bermunculan. Entah itu dari luar negeri atau dari dalam negeri. Mungkin motif nya tidak lain karena ingin dapat uang, atau ingin sekedar menyalurkan hobi. Itu sah-sah saja. Karena pada awal saya terjun ke dunia blogging juga karena ingin dapat uang. Tapi ketahuilah! Itu tidak semudah yang kita bayangkan. Pasalnya harus menuggu waktu yang lama untuk bisa mendapatkan uang dari blog kita. Kenapa bisa begitu? Karena kita hanya mengumpulkan recehan dari layanan pengiklan. Nah, masih berpikir ingin dapat uang dari blog? Lebih baik, kerja saja! Toh bayarannya lebih jelas.

Berita terkait:   Sinopsis Anime Chou Kadou Girl ⅙: Amazing Stranger

Meskipun saya bilang seperti itu, bukan berarti saya tidak berharap dapat uang dari blog saya. Karena saya pun ingin merasakan bagaimana sih saya bisa mendapatkan uang dari blog yang saya kelola? Bayangkan saja! Setiap hari saya memikirkan materi untuk di jadikan bahan postingan, dan setiap hari juga saya mencari refrensi yang cocok dan sesuai dengan passion saya, agar dapat di muat di blog saya. Akan tetapi itu tidak ada hasilnya sama sekali. Menyedihkan bukan? Belum lagi berapa banyak kuota internet yang telah saya habiskan untuk mengakses jaringan internet demi mendapatkan referensi, mengatur tampilan blog agar ramah lingkungan, dan segala hal yang saya perlukan untuk blog saya. Dan itu semua pasti membutuhkan kuota internet, agar bisa berjalan mulus. Lalu, berapa banyak waktu yang telah saya buang hanya untuk menulis artikel, yang saya tahu itu nggak ada hasilnya sama sekali? Tentu jika di lihat dari situ, saya pun ingin mendapatkan uang dari blog saya.

Saya yakin, 99% blogger pasti berharap hal yang sama. Itu artinya, bukan hanya saya saja. Sebagai buktinya, kamu pasti sering bukan, menjumpai blog yang terdapat banyak iklan yang di rasa sangat menjengkelkan? Itulah bukti nyatanya, bahwa pemilik blog tesebut menginginkan uang juga dari blognya. Sampai-sampai dia tidak peduli dengan perasaan pembaca, yang terpenting bagi dia, pengunjung yang datang akan melihat iklan yang muncul dan mengklik iklan tersebut. Tujuannya tidak lain adalah untuk dapat uang. Namun menurut saya, jika dia tidak memikirkan perasaan pengunjung, kenapa dia susah payah membuat postingan untuk blognya? Toh pada akhirnya si pengunjung akan kesal dan malas untuk balik lagi ke blog tesebut karena iklannya yang menjengkelkan itu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dalam hal ini ada yang harus di garis bawahi

Jika kamu adalah seorang blogger, dan ingin mendapatkan uang dari blog kamu, maka silahkan saja pasang iklan. Tapi, iklannya haruslah yang ramah dengan pengunjung. Tidak harus Google AdSense. Memang, sejauh ini iklan yang terlihat cantik dan relevan hanyalah Google AdSense (menurut saya). Akan tetapi, karena ketatnya peraturan yang di terapkan AdSense, tidak semua blogger bisa menampilkan iklan AdSense di blognya. Hingga akhirnya lebih memilih layanan pengiklan lainnya. Itu silahkan saja! Terserah kamu pilih layanan pengiklan yang mana? Yang terpenting dari saya, pasanglah iklan yang tidak terkesan mengganggu pengunjung.

Berita terkait:   Daftar Harga Laptop & Notebook Acer Termurah Terbaru 2018

Sekarang ini kan banyak jenis iklan yang tidak terlihat seperti iklan. Ya semacam iklan native ad, gitu. Iklan tersebut saya rasa tidaklah mengganggu pengunjung. Karena, bentuk iklannya pun seperti jenis Artikel terkait di postingan blog kita, dan juga iklannya pun terkadang sangat bermanfaat untuk pembaca. Ya, jenis iklan itulah yang perlu kamu pasang. Selain kamu dapat uang dari blog, pengunjung juga dapat info tambahan dari iklan yang ada di blog kamu.

Selain itu, lamanya waktu yang telah kamu buang hanya untuk membuat sebuah postingan blog, tidak terbuang percuma. Karena, pengunjung tidak merasa terganggu dengan iklan yang ada di blog kamu, dan tentunya itu akan membuat pengunjung merasa tetap nyaman membaca di blog kamu. Semakin lamanya waktu pengunjung berada di blog kamu, semakin baik juga reputasi blog kamu di mata mesin pencarian seperti Google. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan iklan jenis apa yang perlu di pasang di blog kita nantinya.

Jujur saja, sampai saat ini blog ini belum juga bisa di terima oleh AdSense. Padahal saya sudah beberapa kali merombak blog ini. Seperti template yang sudah beberapa kali ganti, namun tetap saja mendapat penolakan. Mulai dari situlah saya berpikir, iklan itu tidak harus selalu Google AdSense kan? Banyak juga kok layanan pengiklan yang bersedia menerima blog ini tanpa syarat yang memberatkan. Dan akhirnya saya memutuskan untuk memasang iklan dari layanan pengiklan yang lain. Tapi, tidak di pungkiri pula bahwa saya masih berharap blog ini bisa di terima oleh AdSense.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Blog bukan soal uang

Karena telah lamanya saya berusaha mendapatkan pendapatan dari blog saya dan masih saja belum dapat, dari situlah saya mulai berpikir tenang. Ada beberapa pertanyaan yang saya tanyakan pada diri saya sendiri. “Apa yang telah saya dapatkan dari blog saya? Setelah setiap hari memutar otak dan merangkai kata demi kata, apa yang sudah saya capai?” Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Ya, dan jawabannya pun ada pada pengalaman saya selama terjun di dunia blogging.

Berita terkait:   Sejumlah Karyawan Google Undurkan Diri Massal Terkait Project Maven

Meskipun saya belum dapat uang dari blog saya, tapi saya telah mendapatkan beberapa hal yang menarik dan cukup penting. Seperti saya telah mengenal apa itu blog dan bagaimana rasanya menjadi seorang blogger, menjadi tahu apa itu hosting dan domain, kenal banyak blogger-blogger di luaran sana, tahu bagaimana rasanya postingan blog ada yang merespon, dan tahu bagaimana rasanya tulisan saya bisa menjawab masalah orang lain (walaupun itu tidak sepenuhnya).

Ya, dari pengalaman itulah saya sadar. Bahwa ngeblog itu, bukan semata-mata soal mendapatkan uang. Tapi tentang bagaimana kita bisa membuat orang lain yang dalam masalah, dapat menyelesaikan masalahnya hanya karena tulisan kita. Bukankah itu akan menjadi ibadah juga? Walaupun blog saya bukan tentang tutorial, akan tetapi jika ada orang yang menganggap blog ini bermanfaat, itu artinya orang tersebut telah merasa tertolong oleh blog ini (sedikit pede tidak apa-apa kan?). Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang telah saya dapatkan selama terjun di dunia blogging, dan saya tidak bisa mengatakannya secara rinci. Karena pengalaman itu tidak bisa di ucapkan dengan kata-kata. Kamu juga pasti merasakannya​, kan? Kalau kamu memang seorang blogger.

Intinya, ngeblog itu adalah hal yang harus di kerjakan dengan penuh perasaan, ketulusan untuk berbagi, dan tidak mengharapkan imbalan apa-apa. Bertujuan ingin dapat uang boleh, tapi alangkah lebih baiknya nikmati terlebih dahulu kegiatan blogging itu. Karena jika sudah dapat menikmatinya, maka langkah untuk mendapatkan uang dari blog pun akan terbuka. Bisa saja malah yang punya produknya ingin memasang langsung iklannya di blog kamu. Dan kamu tahu? Jika pengiklan yang secara langsung menwarkan untuk memasang iklannya di blog kita, itu bayarannya jauh lebih mahal di banding kamu ikut program PPC (layanan pengiklan). Lagipula, jika suatu hal kita lakukan dengan tulus, itu hasilnya akan baik juga. Jadi pesan saya untuk kamu yang baru terjun atau yang baru mau terjun ke dunia blogging, usahakanlah untuk bisa menikmati kegiatan blogging terlebih dahulu, barulah memikirkan soal iklan ataupun uang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});