Lompat ke konten
Home » Kenapa Game Moba Begitu Populer?

Kenapa Game Moba Begitu Populer?

Kenapa game moba begitu populer?
Hai pencinta game… Dunia game saat ini masih di kuasai oleh game moba. Game yang mengutamakan kerjasama tim antar pemain secara online atau real-time.
Game moba mulai populer saat di rilis nya game Dota yang di khususkan di PC. Terlebih saat Dota 2 di rilis tahun 2013 lalu, dan itu membuat para pengembang game jadi ikut mempopulerkan perkembangan game moba.  Setelah itu, muncullah game moba versi mobile untuk pertama kali yaitu Vain Glory pada tahun 2014, lalu menyusul Mobile Legends di tahun 2016, dan kemudian Mobile Arena atau sekarang lebih di kenal AOV pada tahun 2017 ini. 
Tentu saja itu adalah tahun rilis resmi untuk negara Indonesia. Karena sebenarnya, Mobile Arena lah yang ada terlebih dahulu sebelum Mobile Legends.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kepopuleran game moba tentu saja semakin meningkat dengan berkembangnya game moba versi mobile, terlebih sekarang juga telah banyak pengembang game yang mengusung genre yang sama. Namun meski demikian, masing-masing game memiliki ciri khas dan gameplay yang berbeda. Seperti halnya Vain Glory, game ini mengusung kontrol tapping player, atau tidak menggunakan analog untuk menggerakkan Hero, berbeda dengan Mobile Arena dan Legends yang menggunakan kontrol analog untuk menggerakkan Hero nya.
Karena semakin banyaknya game moba, maka perdebatan pun tidak bisa di hindari. Seperti kubu Vain Glory yang mengejek game moba yang menggunakan kontrol analog, dan sebaliknya, itu semua untuk membanggakan game yang mereka suka dan mereka mainkan. Karena pada dasarnya, mereka tidak untung apa-apa meski mereka sampai berkelahi cuma karena berdebat game moba mana yang terbaik? Ya, tapi itu semua pasti ada hikmahnya.

Lalu, mengapa game moba bisa menjadi game populer? Itulah yang ingin saya bahas disini. Mungkin saya masih belum paham mengenai game moba. Tapi setelah saya mencoba beberapa game moba, di situlah saya mulai merasakan gregetnya bermain game moba di banding bermain game lainnya. Tapi bukan berarti saya tidak suka game lainnya, ya!
Sebenarnya, saya masih sangatlah pemula dalam bermain game moba. Saya cuma sering mendengarnya, dan di tambah tayangan iklan online seperti di YouTube, Facebook, Instagram, bahkan iklan di blog-blog yang saya kunjungi pun suka muncul iklan game moba. Dan itu membuat saya penasaran untuk memainkannya. 
Selain itu, para YouTuber gaming pun sering memainkan game moba. Dan yang lebih membuat saya penasaran adalah, game tesebut sampai di buat turnamen resminya di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Dan akhirnya saya memutuskan untuk memainkannya.

Rekomendasi  Mimo Learn to Code Apk [Premium] Terbaru Gratis Untuk Android

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Saat awal-awal saya bermain game moba, saya mendapat beberapa kesulitan. Seperti cara bermainnya, bagaimana agar Hero saya tetap hidup? Bagaimana agar saya bisa menjadi partner yang baik untuk pemain lainnya? Dan masih banyak lagi yang belum saya pahami. Saya merasa frustasi untuk pertama kali bermain game moba. Ya, karena Hero saya sering mati. Dan kalian pasti tahu hal yang menyebalkan jika Hero kita mati, yaitu menunggu waktu untuk bertarung kembali yang sangat lama, jika Hero kita mati beberapa kali.
Tapi saya tidak ingin menyerah begitu saja! Saya terus mencoba dan berusaha. Dan ketika tim saya bisa meraih kemenangan, di situlah saya mulai merasakan senangnya bermain game moba. Saya merasakan jiwa gamers saya bangkit kembali dan terus ingin memainkannya. Dan dari situlah, saya mulai menyukai game moba.
Game moba mengajarkan kita bagaimana caranya bekerjasama dengan orang lain yang tidak kita kenal, memperjuangkan harga diri agar terus menang, tidak mudah menyerah dalam kesulitan apapun, dan terus berjuang hingga akhirnya benar-benar kalah. Tentu saja, dari situ kita akan mendapat banyak teman di dunia online terutama dunia game. Dan pada saat saya mendapat penghargaan dari partner saya atas perjuangan dan kerjasama saya, di situlah saya merasa sangat berarti hihihi… Mungkin agak berlebihan, tapi itulah yang membuat saya menyukai game moba. Jadi, tidak mengherankan jika game moba menjadi game populer.

Maka dari itu untuk para gamer pecinta game moba, saya mohon dengan sangat rendah diri. Janganlah saling mengejek game moba yang orang lain mainkan. Jika kita menyukai Vain Glory, maka janganlah mengejek game moba yang lainnya, dan begitupun sebaliknya. Mungkin saja mereka lebih menyukai game itu di banding game moba yang kita mainkan. Yang terpenting, berusahalah untuk menjadi pemenang dalam bertanding di masing-masing game yang kita mainkan dan hargailah pilihan orang lain. Terimakasih….
Rekomendasi  InShot Video Editor & Video Maker Terbaru (Full Pro) Apk Mod Gratis

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!