Cara Screenshoot di PC: Windows 7 / 8 / 10 Nggak Ribet

 Ya halo pembaca Im4j1ner! Bagi kamu yang punya laptop, udah tahu belum gimana Cara Screenshoot Di PC? Jujur, awalnya saya bingung banget gimana sih caranya nangkap gambar pake laptop atau komputer? Sampai akhirnya saya tanya ketemen, dan ya….. berhasil!
Cupu banget ya, aku? Hahaha… nggak papa deng.. Yaudah deh, karena saya sudah tahu, akhirnya saya share ke kamu gimana caranya capture dari laptop atau screenshot laptop atau komputer atau PC dengan mudahnya. Siapa tahu diantara kamu ada yang belum tahu. Jadi, yang belum tahu, simak terus ya artikel tentang Cara Screenshot Di PC.

Cara Screenshoot di PC: Windows 7 / 8 / 10 Nggak Ribet

Mungkin.. sebagian dari kalian ada yang menjawab Ya dan sebagian lagi menjawab tidak. Jika dari antara kalian mengatakan tidak dan belum mengerti cara untuk melakukan Screenshot pada laptop atau pc mu, jangan khawatir! Karena pada kesempatan kali ini Im4j1ner akan membagikan cara untuk Screenshot atau mengambil gambar dari komputer kamu. Ada beberapa cara yang akan saya berikan dan dapat kamu coba.

Cara ScreenShot Di PC

1. Tombol PrtSc 

Untuk cara yang pertama adalah, hal yang dibutuhkan adalah Keyboard yang memiliki fungsi print screen (PS /prt scr) pada keyboardnya atau tombol PrtSc. Kalian bisa lihat dari gambar dibawah ini, ada tombol tulissan PRTSC yang merupakan tombol untuk screenshot. 

Cara untuk screenshot komputer menggunakan cara ini cukup mudah.  Yaitu kamu tinggal klik tombol PRTSC tersebut. Kemudian jika sudah diklik, buka software Paint pada menu, kalau sudah kebuka Paint nya, silahkan tekan tombol ctrl+v atau paste ke paint tersebut untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Lalu jangan lupa save gambarnya.

Rekomendasi  Intel Core I9 Siap Rilis Untuk Laptop

cara screenshot di pc

2. Snipping Tool

Penggunaan pada cara kedua, membutuhkan aplikasi atau software Snipping Tool (biasanya aplikasi ini merupakan bawaan dari windowsnya tinggal search Snipping Tool). Gambar dibawah ini merupakan icon dari snipping tool.

cara screenshot di pc

Silahkan kamu buka aplikasinya. Setelah aplikasi dibuka klik new untuk screenshot area yang kamu inginkan. Mungkin bagi sebagian orang merasa kebingungan dengan berbagai Mode yang disediakan oleh Snipping Tool. Nah dari sini saya akan menjelaskan satu persatu dari berbagai mode yang tersedia.

cara screenshot di pc

Free-form Snip: Free-form Snip berfungsi untuk mengambil gambar acak dan secara bebas. Mode ini jarang digunakan karena penggunaannya yang sulit bagi orang awam.
Rectangular Snip: Mode ini merupakan yang paling banyak digunakan dan favorit bagi banyak pengguna. Karena kita bisa mengambil gambar dengan mudah hanya dengan drag mouse.
Window Snip: Jika kalian ingin capture dengan spesifik pada aplikasi atau tab yang sedang berjalan, cara termudah adalah dengan menggunakan mode Window Snip. Karena kita bisa mengambil gambar dengan sekali klik saja.
Full-screen Snip: Mode ini bertujuan untuk mengambil seluruh gambar dari desktop kita. Ini mudah hanya dengan klik New kita bisa mendapatkan seluruh layar yang terpampang dari komputer kita. 

3. PicPick

cara mengambil screenshot dengan aplikasi
Selain 2 Cara Screenshoot Di PC di atas, kalian juga bisa mengambil screenshot menggunakan salah satu aplikasi terbaik ini, yaitu PicPick
PicPick menyajikan fitur lengkapnya demi memudahkan pengguna untuk mengambil gambar tangkapan layar di PC-nya. PicPick sendiri memiliki tampilan yang mirip seperti Paint, namun dengan fitur yang lebih banyak.
Dengan PicPick, kita bisa mengambil screenshot dengan berbagai jenis ukuran layar. PicPick memiliki aplikasi editor screenshot-nya sendiri. Kalian juga bisa menambah watermark pada screenshot yang diambil.

Cara Screenshoot di Windows 10

Misalnya, laptop Alienware kami memiliki kunci berlabel HOME dan PRT SCRN. Untuk menggunakan fungsi Print Screen dan mengambil screenshot, kami juga menekan tombol Function (atau FN). Jika kita ingin menyimpan tangkapan layar sebagai file, kita juga harus menekan tombol Windows secara bersamaan untuk kombo tiga tombol.

Ikon Windows 10 File Explorer

1. Tekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Layar menjadi redup selama beberapa detik. Di laptop, Anda mungkin perlu menekan tombol Windows , Function , dan Print Screen .
2. Klik ikon Folder pada bilah tugas. Ini membuka File Explorer.

Folder Gambar Windows 10

3. Pilih Gambar pada menu dari sebelah kiri atau ikon folder pada bagian atas.

Folder Tangkapan Layar Windows 10

4. Klik dua kali folder Tangkapan Layar .

Detail Tangkapan Layar Windows 10

5. Klik Lihat dan pilih Detail di menu tarik-turun.
6. File Screenshot.png yang baru saja Anda buat memiliki tanggal dan waktu saat ini. Anda juga akan melihat (#) pada nama untuk beberapa tangkapan layar yang diambil dengan nama yang sama. Pengaturan Detail berguna jika Anda memiliki lebih dari beberapa tangkapan layar yang disimpan di folder ini.

Penutup Cara Screenshoot di PC

Gimana? Caranya mudah, kan kan? Nah itulah beberapa tips dan trik yang telah kami bagikan mengenai Cara Screenshoot Di PC, cara screenshot di laptop asus, Cara Screenshot Komputer, cara screenshoot samsung a52, Cara Screen Shot Di Laptop Lenovo, Cara Capture Di Laptop, Cara Screenshot Laptop Toshiba. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan juga ilmu kamu. Aamiin…

 Ya halo pembaca Im4j1ner! Bagi kamu yang punya laptop, udah tahu belum gimana Cara Screenshoot Di PC? Jujur, awalnya saya bingung banget gimana sih caranya nangkap gambar pake laptop atau komputer? Sampai akhirnya saya tanya ketemen, dan ya….. berhasil! Cupu banget ya, aku? Hahaha… nggak papa deng.. Yaudah deh, karena saya sudah tahu, akhirnya saya…

Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!