Cara Agar Channel YouTube Banyak Yang Subscribe Dan Video Banyak Viewer Nya

“Gimana sih caranya agar channel kita banyak yang subscribe dan video yang kita buat terus mendapat view yang banyak?” Apakah kamu juga YouTuber yang suka bertanya tentang hal tersebut? Jika iya, pastinya kamu ingin tahukan rahasianya? Saya akan jawab, bahwa dalam kasus ini tidak ada rahasia. Semua YouTuber, entah itu senior maupun junior (pemula), semuanya berpotensi menjadi YouTuber yang sukses. Seperti apa sih YouTuber sukses itu? Yaitu yang telah memiliki banyak subscriber, viewer nya banyak, serta telah menghasilkan banyak uang dari channel YouTube nya. Tentunya jika YouTuber itu memonetisasi videonya.


Cara mendapatkan banyak subscriber

Jika kamu cari di mesin pencarian seperti Google dengan kata kunci seperti di atas, maka di sana akan tersaji banyak pilihan artikel yang juga memuat topik yang sama dengan kata kunci tersebut. Artinya, telah banyak refrensi yang telah tertulis dan bisa kamu baca. Tinggal pilih saja mana yang cocok dengan kamu. Karena tiap-tiap artikel itu memiliki khas nya masing-masing, dan itu di sebabkan karena penulisnya berbeda. Tapi karena kamu pun telah berkunjung kesini, maka saya akan sedikit memberikan saran, agar channel kamu banyak subscriber nya.

Disini tidak ada cara khusus. Karena semuanya hampir sama dengan apa yang sudah tersebar di internet. Tapi ini mungkin juga bisa membantu kamu. Jadi silahkanlah di lanjut membacanya.

1. Nama channel
Banyak yang bilang, memberikan nama untuk channel YouTube kita itu jangan asal-asalan. Karena nama itu adalah cikal-bakal channel kita akan di kenal oleh orang lain. Memberikan nama channel sebaiknya berdasarkan jenis konten apa yang ingin anda buat untuk channel Anda? Jika channel Anda mengusung tema musik, maka buatlah nama channel yang ada hubungan dengan musiknya. Itulah saran yang sering saya dapatkan. Akan tetapi, ada yang lebih menarik dari ini. Yaitu, bagaimana jika kamu buat nama yang lebih unik lagi?  Misalnya seperti PewDiePie, MiawAug atau yang lainnya?

PewDiePie dan MiawAug tema utamanya adalah me-review game-game yang tengah populer. Akan tetapi namanya tidak menyinggung tentang Game, namun tetap bisa sukses. Ya, menurut saya, sebuah nama itu memang perlu. Agar orang yang menyukai video kita bisa mengenal channel YouTube kita, dan barangkali suatu saat nanti ingin melihat lagi cukup tulis nama channel kita di kotak pencarian YouTube. Itu sangat memudahkan penggemar, bukan? Namun, nama yang menurut saya berpotensi di ingat banyak orang adalah nama yang mudah di ucapkan, tidak terlalu panjang (lebih bagus satu kata), dan juga mudah di ingat (bisa berupa nama benda, hewan, atau yang lainnya).


2. Gambar channel
Pikirkanlah mengenai gambar yang cocok untuk channel kamu. Jika kamu suka memasang photo profil yang bagus di akun media sosial kamu, maka kamu pun harus memasang gambar profil yang bagus juga untuk channel kamu. Buatlah gambar yang benar-benar unik dan menarik. Agar orang yang melihatnya menjadi tertarik. Gambar profil channel pun bisa di jadikan sebagai ciri khas dari channel Anda. Maka dari itu, sangat penting untuk memikirkan gambar channel yang keren.

3. Sampul channel
Kalau kamu salah satu pengguna Facebook, tentu kamu pun tahu apa itu sampul profil? Yap, di YouTube pun kamu di sediakan untuk memberikan sampul yang keren untuk channel YouTube kamu. Percaya tidak percaya, berfungsi atau tidak, ternyata hal tersebut mampu menyihir orang lain untuk menyukai channel kita. Ini di buktikan karena, channel yang terlihat profesional akan lebih bagus jika mempunyai ciri khas. Selain gambar profil, jika penting untuk memberikan sampul channel yang keren juga. Itu akan menambah daya tarik bagi para penonton.


4. Deskripsi channel
Setelah melakukan saran di atas, penting juga untuk memberikan deskripsi untuk channel kamu. Deskripsi ini berguna untuk menerangkan kepada pengunjung mengenai channel YouTube kamu. Buatlah deskripsi yang menarik, sehingga mampu membuat orang menjadi penasaran dengan channel kamu. Disitu kamu bisa memberikan deskripsi apa saja yang berhubungan dengan tema channel kamu nanti. Pikirkanlah sebuah kalimat yang tidak terlalu panjang lebar, namun meyakinkan pengunjung, bahwa channel kamu layak untuk di subscribe oleh mereka.

Rekomendasi  Puluhan Ponsel 5G Siap Menyerbu Pasar Tahun Ini

Dari keempat poin di atas, itulah setidaknya yang bisa kamu lakukan untuk langkah pertama channel kamu. Namun, meskipun semenarik apapun kamu menghiasi channel kamu dengan gambar profil yang unik, gambar sampul yang keren, serta deskripsi yang meyakinkan. Akan menjadi omong kosong belaka, jika kamu tidak membuat video yang keren dan menarik untuk di tonton. Dengan membuat video yang unik, kreatif, original, keren, serta menarik orang banyak untuk menonton, tentu saja itu akan membuat video kamu banyak mendapat viewer, dan juga pemirsa semakin yakin untuk menjadi subscriber channel kamu.


Cara agar video YouTube mendapat viewer yang banyak

Video yang berpotensi akan mendatangkan viewer yang banyak adalah, video yang unik, menarik, lucu, dan yang membuat orang penasaran. Banyak beragam tema video yang bisa kamu coba untuk channel kamu. Saya sarankan untuk hal ini, kamu buatlah video yang memang benar-benar kamu minati. Artinya, jangan terpengaruh pada apapun! Entah itu YouTuber yang membuat kamu termotivasi, ataupun agar cepat mendapat uang dari AdSense. Jangan sekalipun memikirkan hal itu.

Jika kamu ingin membuat video yang seperti idola kamu di YouTube, maka tentunya kamu pun pasti ingin seperti mereka. Menyukai ataupun terobsesi, itu boleh-boleh saja. Namun disini, kasusnya adalah kamu sendiri yang ingin menjadi YouTuber. Maka dari itu, buatlah video yang memang passion kamu. Kalau kamu adalah orang suka ngelawak, apa salahnya bila kamu merekam diri kamu yang sedang ngelawak? Itu lebih baik dari pada kamu mengupload ulang video yang sudah ada sebelumnya.

Di Indonesia semakin banyak para YouTuber re-upload. Artinya YouTuber yang hobinya hanya mengupload video milik orang lain. Itu semua karena mereka terobsesi oleh AdSense. Nah untuk kamu, saya harapkan jangan seperti itu! Kalau kamu ingin menjadi YouTuber yang sukses, terkenal, dan di hormati oleh YouTuber lain, maka buatlah video milik sendiri.

Bisakah YouTuber Indonesia Mendunia?

Cara Agar Video Menjadi Viral

1. Rencanakan video
Bila kamu belum membuat video pertama untuk channel YouTube kamu. Maka lebih baik mulailah memikirkannya. Perencanaan yang matang, akan berpotensi menghasilkan hasil yang baik. Rencanakanlah video pertama kamu sesuai passion kamu. Dan mulailah membuat serta jangan ragu sedikitpun. Jikalau ragu, maka sebaiknya hentikan niat kamu menjadi seorang YouTuber. Tapi jika ini bukan video pertama, maka mulailah perencanaan yang lebih serius lagi untuk channel kamu.

Kemungkinan besar video yang kamu upload sering mendapat view yang sedikit itu, di karenakan kamu kurang memahami pasaran YouTube yang tengah trend. Mencari informasi apa yang sedang trend di YouTube itu sangat penting. Apakah video kamu berpotensi mendapat banyak viewer atau tidak, itu harus di lakukan berdasarkan riset pasar YouTube. Meskipun kamu membuat video sendiri sesuai dengan passion kamu, jika kamu tidak mencari informasi tentangnya, maka akan sulit untuk meluncurkan strategi yang sudah di rencanakan.

Kamu tidak perlu bertanya pada rekan kamu mengenai video kamu. Tapi cukup dengan melihat-lihat channel YouTube yang sama seperti channel kamu. Maksudnya carilah channel YouTube yang kategorinya sama dengan channel kamu. Jika channel kamu tentang parodi, maka carilah video parodi lainnya dari channel yang berbeda. Setelah itu, lihatlah hasil viewer nya dan jumlah subscriber nya. Apakah fantastik? Atau biasa saja? Jika hasilnya fantastik, maka mantapkanlah hati kamu untuk membuat video kamu sendiri.

Rekomendasi  Ini Spesifikasi Pc Untuk Main Game Divinity : Original Sin 2

2. Video yang berbeda
Pernahkah kamu melihat video yang terlihat aneh di mata kamu, namun memiliki jumlah viewer yang banyak? Mungkin kamu bertanya-tanya “kenapa bisa?” Hal itu memang bisa terjadi. Karena, orang lain menilai dari tingkat keunikannya. Meskipun kamu melihat itu aneh, tapi untuk orang lain itu unik dan harus di tonton. Apakah kamu bisa seperti itu? Tentu saja bisa! Setiap orang memiliki kepribadian masing-masing. Itu artinya, kita itu punya keunikan masing-masing. Tunjukkanlah sisi unik dari diri kamu untuk video yang kamu buat. Jangan malu-malu akan hal itu. Karena pemirsa YouTube itu lebih suka konten yang unik.

Unik dalam artian disini adalah, video yang berbeda dari yang lainnya. Mungkin saja di YouTube banyak konten kreator yang videonya hampir sama semua. Seperti main Game, reaksi video, parodi, dan lain-lain. Kamu juga berhak untuk memilih kategori yang kamu suka. Namun dengan syarat, balutlah dengan ide kreatif kamu agar terlihat berbeda dan lebih unik dari yang lainnya. Itu akan memberikan nilai plus untuk kamu.


3. Ekspresikan
Kalau kamu merekam diri kamu sendiri, maka ekspresikan lah gaya kamu dengan lepas, seperti tidak ada beban. Sebagai refrensi bisa kamu lihat PewDiePie! Dia sama sekali tidak merasa canggung ataupun gugup saat berbicara di depan kamera. Dan juga dia sangat ekspresif sekali. Itu artinya, kamu pun harus bisa lebih ekspresif lagi dari YouTuber lainnya! Anggaplah kamera itu sebagai teman ngobrol kamu. Jangan malu pada diri sendiri, serta jangan malu pada orang yang menonton. Karena tujuan kamu membuat video itu, untuk di tonton bukan? Jika kamu malu, kenapa kamu ingin membuat video?

Nikmati saja proses rekaman yang sedang berlangsung. Abaikan orang di sekitar kamu, dan teruslah rekam diri kamu yang tengah terbakar api semangat. Agar hasil videonya lebih memuaskan. Saat diri kamu sedang di rekam, usahakan pikiran untuk membayar hutang di warung jangan sampai mengganggu. Ini antara kamu dan kamera. Fokuslah pada skenarionya, dan lepaskan diri kamu untuk hasil rekaman yang memuaskan.

4. Editing
Setiap video yang telah berhasil di buat, pasti memerlukan proses editing untuk menyempurnakan hasilnya. Entah itu melalui smartphone ataupun menggunakan komputer. Yang terpenting disini adalah, aplikasi editing nya harus yang benar-benar mampu membuat video kamu jadi terlihat sangat profesional. Tapi, sebagus apapun itu aplikasinya, jika kita tidak handal menggunakannya, maka hasilnya pun akan terkesan memaksa (berantakan).

Banyak yang menyarankan untuk menggunakan komputer jika ingin hasilnya lebih bagus. Tapi yang harus di ketahui, ada juga YouTuber yang editing nya menggunakan Android, namun hasilnya seperti profesional. Jadi intinya disini, di kembalikan lagi pada tingkat kemampuan kita mengedit video yang sudah di buat. Mulailah belajar mengedit video buatan sendiri. Jika di awalnya hasilnya tidak maksimal, maka selanjutnya akan lebih baik lagi. Yang terpenting kita nya mau belajar. Itu saja untuk mengenai editing video.

Untuk referensinya, kamu bisa lihat tutorialnya di YouTube. Banyak yang membuat video tutorial tentang bagaimana caranya mengedit video dengan menggunakan aplikasi tertentu. Tidak hanya untuk komputer, untuk Android juga banyak. Saya yakin, di sini masih banyak yang tidak memiliki komputer untuk mengedit video. Untuk itu, mulailah belajar mengedit video dari smartphone terlebih dahulu. Jika sudah dapat modal untuk membeli komputer, maka belilah dan mulailah belajar mengedit video menggunakan komputer.

Aplikasi editing video Android gratis

Catatan: komputer ataupun laptop

5. Judul
Saat kamu mengunjungi YouTube dan ingin melihat sebuah video, apa yang kamu lihat lebih dahulu? Pasti jawabannya adalah “judul”. Sebagus apapun video yang kamu buat, dan seprofesional apapun kamu mengeditnya, jika kamu tidak memberikan judul yang menarik, maka akan sangat sulit untuk video kamu banyak di lihat orang. Kecuali channel kamu sudah memiliki banyak subscriber. Jika subscriber kamu masih sedikit, sangat perlu untuk memberikan judul yang menarik untuk video kamu.

Rekomendasi  Jatuh Berdiri Bitcoin Di 2018

Meski seperti itu, sangat tidak di anjurkan untuk memberikan judul yang menarik, namun pada kenyataannya berbeda dengan isi videonya. Sesuaikan dengan tema videonya, dan carilah sebuah kalimat yang menarik untuk di jadikan judul sesuai dengan tema video tersebut. Itu akan menarik perhatian orang untuk pertama kalinya.

6. Thumbnail (gambar kecil) 
Selain judul, yang di lihat orang di YouTube adalah gambar kecil video tersebut​. Gambar kecil atau sering di sebut thumbnail, adalah sebuah gambar yang terpilih untuk di jadikan sebagai cover pada video tersebut. Nah, gambar inilah yang kita manfaatkan untuk memperkenalkan video kita. Banyak orang yang menonton video di YouTube karena melihat gambarnya. Namun, jangan sekali-kali kamu menipu orang dengan gambar kecil yang tidak sesuai dengan isi konten. Buatlah thumbnail yang menarik, namun sesuai dengan isi kontennya​. YouTube sekarang sangat sensitif! Jika mengetahui video kamu memiliki thumbnail yang tidak sesuai dengan konten, maka channel kamu akan mendapat teguran. Entah ini kabar angin atau tidak, yang jelas cara itu sangat tidak baik.


7. Promosi
Setelah video kamu berhasil di upload di YouTube, silahkan melakukan promosi. Bisa kamu share di Facebook, Google plus, Twitter, atau bisa kamu nyuruh teman kamu untuk menonton video kamu yang sudah di upload di YouTube. Itu terserah kamu enaknya promosi yang seperti apa? Tapi, ada etika yang harus kamu pahami dalam berpromosi. Kamu tidak suka kan, jika ada orang tak di kenal secara rutin menandai kamu pada postingannya untuk hal yang menurut kamu tidak penting? Maka dari itu jangan sembarangan berpromosi. Artinya, jangan menyebarkan link spam!

Link spam itu maksudnya, kamu menyalin link video kamu yang sudah di upload di YouTube, kemudian kamu menyebar luaskan link itu sesuka hati kamu. Seperti di status Facebook kamu dengan menandai banyak orang yang berteman dengan akun Facebook kamu, mengirimi pesan pribadi ke banyak orang yang isinya link video kamu, ataupun di berbagai forum diskusi yang sama sekali tidak relevan dengan link kamu itu. Maka dari itu, kamu harus pahami bagaimana caranya berpromosi yang baik, tanpa mengganggu orang lain?

Untuk langkah promosi yang baik agar tidak di anggap spam, mungkin saya akan jelaskan pada postingan berikutnya. Yang terpenting disini, langkah di atas, kamu bisa lakukan dan buktikan hasilnya. Dan yang harus di ingat, kesuksesan itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi jika kita mampu bersabar dan terus berusaha, maka apa yang sudah kita lakukan hasilnya akan semanis kerasnya usaha. Mungkin sampai disini saja postingan saya kali ini. Untuk kedepannya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Kuncinya adalah, jadi dirimu sendiri!

Baca juga: Cara Agar Channel YouTube Tidak Di Suspends

“Gimana sih caranya agar channel kita banyak yang subscribe dan video yang kita buat terus mendapat view yang banyak?” Apakah kamu juga YouTuber yang suka bertanya tentang hal tersebut? Jika iya, pastinya kamu ingin tahukan rahasianya? Saya akan jawab, bahwa dalam kasus ini tidak ada rahasia. Semua YouTuber, entah itu senior maupun junior (pemula), semuanya…

Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!