Lompat ke konten
Home » Apa Itu Ceo, Cmo, Coo, Cfo, Cto Dalam Struktur Perusahaan

Apa Itu Ceo, Cmo, Coo, Cfo, Cto Dalam Struktur Perusahaan

Dalam suatu perusahaan, ada jajaran eksekutif yang mempunyai wewenang dalam mengatur arah dan jalannya perusahaan. Diantaranya jabatan paling tinggi ialah CEO dibantu oleh eksekutif di jajaran bawahnya menyerupai CMO, COO, CFO, CTO dan masih banyak mungkin yang lainnya. Apalagi dizaman kini ini banyak yang memakai istilah tersebut, mari sama-sama kita cari tau arti dari istilah-istilah tersebut.

Image Courtesy, slideshare

1. CEO (Chief Executive Officer)

Didalam sebuah perusahaan terdapat jajaran direksi. Jajaran direksi inipun mempunyai seorang pemimpin atau istilahnya leader atau istilah umumnya Direktur Utama. Direktur Utama ini yang kita sebut dengan CEO atau Chief Executive Officer. CEO dipercaya untuk memimpin jajaran direksi suatu perusahaan. CEO diangkat oleh dewan komisaris perusahaan dan pada umumnya mempunyai siklus jabatan, normalnya 5 atau 10 tahun namun tergantung dari kebijakan perusahaan. CEO dalam bertugas dibantu oleh wakil direktur. Wakil administrator ini tidak hanya satu, namun ada banyak wakil administrator dalam suatu perusahaan dengan kiprah dan wewenang yang berbeda namun tetap satu tujuan dengan CEO.

2. CMO (Chief Marketing Officer)

CMO atau Chief Marketing Officer termasuk dalam salah satu jajaran wakil direktur. Fungsinya ialah untuk memimpin divisi marketing dan menangani segala hal perihal marketing atau pemasaran didalam suatu perusahaan. CMO ini diangkat oleh CEO dan juga diberhentikan oleh CEO. CMO bertanggung jawab dalam penguatan brand, pemasangan iklan, mengurus feedback nyata dan negatif customer, performa penjualan perusahaan bergantung pada marketing walau tidak sepenuhnya dipengaruhi dari sisi marketing.

3. COO (Chief Operating Officer)

Wakil administrator yang satu ini bertugas memimpin divisi operasional internal suatu perusahaan. COO atau Chief Operating Officer ini kiprahnya bermacam-macam tergantung dari model bisnis suatu perusahaan yang dipimpinnya. Contohnya aku kutip dari halaman situs haifarul dalam bidang manufaktur bertanggung jawab atas lancarnya aktivitas produksi dan produktifitas karyawan-karyawannya, jikalau dalam bidang distribusi retail biasa menangani lancarnya ketersediaan barang dagangan dan aktivitas internal perusahaan di dalamnya.
COO sama menyerupai CMO hanya sanggup diangkat dan diberhentikan oleh CEO.

4. CFO (Chief Financial Officer)

Dari namanya sudah sanggup ditebak untuk apa fungsi dari wakil administrator yang satu ini. CFO atau Chief Financial Officer berperan dalam mengatasi dilema keuangan atau financial suatu perusahaan seperti pengadaan pendanaan, pembelanjaan, pembentukan anggaran, dan pembuatan laporan keuangan. Dalam proses investasi dari investor juga CFO yang bertanggung jawab menanganinya. CFO bisa diangkat atau diberhentikan oleh CEO perusahaan.

5. CTO (Chief Technology Officer)

CTO atau Chief Technology Officer adalah wakil administrator yang bertanggung jawab penuh atas segala teknologi dan gosip yang ada didalam perusahaan. Wakil administrator posisi ini gres muncul di beberapa tahun belakangan ini alasannya berkembanganya teknologi dari internet serta aplikasi cloud yang menyediakan layanan semakin maju ditambah dengan banyaknya startup dunia digital semakin menciptakan posisi ini menjadi dibutuhkan suatu perusahaan.
Namun CTO ini bukan hanya ada diperushaan-perusahaan yang bergerak di dunia digital menyerupai produk internet atau aplikasi atau sejenisnya, namun juga perusahaan yang bergerak di model bisnis yang lain. Semisal di perusahaan retail membutuhkan CTO untuk mendukung gosip antar cabang biar berjalan dengan baik dan tanpa masalah. CTO ini diangkat dan diberhentikan oleh CEO perusahaan.

Apakah semua itu perlu untuk membangun sebuah perusahaan?

Jawabannya sanggup iya sanggup tidak tergantung dari tipe dan tahapan perusahaan. Contoh dalam sebuah startup digital mungkin yang dibutuhkan hanya CEO dan mungkin dibantu CTO untuk melaksanakan seluruh tanggung jawab yang ada diperushaan. Namun jikalau perusahaan sudah mulai berkembang ke skala menengah keatas maka mulai diharapkan wakil administrator untuk posisi lain seperi CMO, COO dan CFO. Namun dengan adanya investor disebuah startup bukan mustahil investor tersebut menduduki posisi jabatan direksi atau dewan direksi perusahaan.

Apakah ada posisi lain selain yang disebutkan diatas?

Ada dan mungkin akan terus bertambah seiring dengan perkembangan bisnis yang ada menyerupai misalnya saja CTO yang mulai banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mulai memakai teknologi gosip dalam membantu proses bisnis mereka.
Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!