Pentingkah Menggunakan Clickbait?

Mencari trafik tinggi dengan ckickbait?


“Apa itu clickbait? Kenapa orang-orang pakai clickbait demi dapat trafik tinggi? Pentingkah clickbait?”

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sering terngiang di kepala saya, atau mungkin Anda juga?

Semenjak orang-orang pada tahu kalau dengan bermain internet saja kita bisa menghasilkan uang, banyak orang-orang yang tertarik untuk ikut serta. Dengan mengupload video di YouTube, membuat blog, hingga menulis artikel di situs berita online. Biasanya untuk kerja sampingan ataupun menyalurkan hobi. Ya, itu sah-sah saja, asalkan tepat pada passion nya.
Namun yang jadi masalahnya, sekarang ini telah banyak berbagai macam metode yang di terapkan mereka hanya demi menginginkan trafik yang tinggi agar mereka mendapatkan recehan yang banyak dari konten yang mereka buat. Salah satunya adalah dengan menggunakan trik “clickbait”. Memang, dengan menggunakan clickbait konten yang kita buat akan mendapatkan banyak trafik, namun bagaimana dengan kualitas kontennya? Biasanya sangat jauh dari yang di harapkan pengunjung. Dan itu sudah pasti membuat pengunjung kesal. Lalu, apakah penting menggunakan clickbait?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Apa itu clickbait?

Sebelum kita bicara lebih jauh mengenai clickbait, alangkah baiknya bila saya memberitahu terlebih dulu apa itu clickbait?

Clickbait adalah cara agar konten yang di buat seseorang mengundang klik yang banyak dari orang-orang yang melihat. Baik dari judul, maupun gambar sampul yang di buat. Untuk isi konten maupun kualitas konten yang di buat, biasanya sangat berbeda jauh dengan judul maupun gambar yang di buat menggoda untuk di klik. Dengan hal ini, bisa di asumsikan bahwa pembuat konten tersebut hanya menginginkan trafik yang tinggi tanpa mempedulikan kepuasan pengunjung atas konten yang di buat. Atau istilah kasarnya “egois”.
Anda bisa mencari tahu contoh-contoh ckickbait itu seperti apa? Bisa di YouTube, maupun di akun media sosial milik Anda. Atau mungkin Anda sudah tahu dan sering melihatnya dan pernah tertipu olehnya? Mengerikan, bukan? Tapi meski kita pernah tertipu berkali-kali, pada dasarnya kita tetap penasaran bila menemukan sesuatu yang mengandung clickbait, bukan begitu? Itulah kekuatan clickbait, maka dari itu banyak yang menggunakan trik ini. Tapi menurut saya pribadi, trik macam itu hanyalah trik sampah!
Kenapa saya katakan trik sampah? Coba saja bayangkan! Kita melakukan itu semua hanya karena ingin mendapatkan recehan saja, bukan? Kalau mau dapat uang yang banyak, ya bekerja! Bukan membuat konten yang isinya tidak berfaedah namun dengan judul yang sepertinya menggemparkan sejagat raya. Kita harus pikirkan juga bagaimana perasaan pengunjung yang merasa tertipu? Jika kita terus membuat hal seperti itu, maka sampai kapanpun orang Indonesia akan tetap mudah di adu domba.

Dampak buruk dari clickbait

Rekomendasi  Sempat Di Juluki Monster Karena Punya Satu Tangan, Wanita Ini Menjelma Menjadi Model

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Karena seperti yang sering saya lihat, setiap ada situs maupun video yang mengandung clickbait, saya hanya melihat komentar para pengunjung. Akan berkomentar seperti apakah mereka? Dan benar saja, pada kolom komentar mereka hanya saling mencela, menghina, dan berdebat sesuatu yang sama sekali tidak penting. Itu membuktikan bahwa orang-orang Indonesia itu masih sangat rapuh dalam soal sikap dan pendirian. Buktinya dengan adanya konten seperti itu saja, mereka sudah terprovokasi dan saling mencela sesama warga Indonesia. Itulah salah satu sebabnya mengapa Indonesia terus panas.
Selain hal di atas, masih banyak lagi dampak buruk dari clickbait. Seperti citra reporter berita atau wartawan penulis berita di media cetak maupun online mendapat citra buruk karenanya. Padahal mereka menulis berita dengan benar dan sesuai kenyataan, namun karena masyarakat sering tertipu oleh clickbait, maka reputasi situs berita online terpercaya pun bisa mendapat citra buruk. Untuk itu, pentingkah menggunakan clickbait?
Clickbait itu bisa menimbulkan fitnah dan merugikan beberapa pihak. Saya tidak perlu memberitahu pihak mana saja yang di rugikan. Yang jelas pihak yang di rugikan adalah orang-orang yang di muat beritanya. Dan yang saya tidak habis pikir, kok mereka berani melakukan hal rendah seperti itu? Apakah tidak ada pekerjaan lainnya?
Saya juga sama, mencari uang dari internet juga. Tapi setiap konten yang saya buat, saya rasa tidak ada clickbait. Kalaupun terlihat ada, itu karena saya rasa judulnya cocok dengan artikelnya. Saya selalu membuat judul yang sesuai dengan isi konten, karena saya juga tahu bagaimana perasaan pembaca jika kecewa dengan isi konten saya? Padahal mereka sangat percaya dengan judul maupun thumbnail nya.

Pentingkah menggunakan clickbait?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Saya terus bertanya-tanya kepada orang-orang yang menggunakan clickbait “pentingkah menggunakan ckickbait agar dapat trafik banyak?” Jika tidak menggunakan clickbait pun bisa mendapat trafik yang banyak, kenapa harus pakai clickbait? Apa karena trafiknya cepat meroket? Ayolah berpikir jernih!!! Clickbait itu bisa memicu perang dunia! 
Kenapa saya bisa berkata seperti itu? Karena sudah banyak kejadian.
Contohnya di dalam negeri saja, pada saat masalah pak Ahok, berita itu makin panas karena banyak oknum tidak bertanggung jawab menuliskan berita dengan menggunakan clickbait, dan kadang beritanya di beri sedikit bumbu. Bukankah itu berlebihan? Dan apa reaksi warga Indonesia? Saya yakin Anda pun melihatnya, kan? Ya…. Indonesia menjadi mengerikan dan saya sempat berpikir sangat tidak nyaman tinggal di Indonesia.

Saya bukanlah orang yang mengerti tentang politik maupun agama. Tapi saya hanya ingin berbicara, bahwa jika ada sesuatu yang bikin suatu keadaan panas, maka jangan beri minyak lagi. Itu tidak akan menyelesaikan masalah, melainkan hanya akan membuat semuanya terbakar amarah. 
Jika Anda memang menyukai menulis berita dan berkeinginan menjadi seorang penulis berita profesional, maka jangan pentingkan diri sendiri saja! Tapi pikirkanlah orang lain, serta keadaan di sekitar. Jangan pikirkan soal trafik! Tapi pikirkan soal harga diri Anda sebagai seorang penulis. Karena Citra baik semua penulis, ada di tangan dan pikiran Anda. Jadi saya mohon pikirkan lagi “pentingkah menggunakan clickbait?”. Sekian dan terimakasih…

“Jika ada yang keberatan dengan postingan saya, mari kita berdiskusi dengan kepala dingin di kolom komentar.”

Rekomendasi  Inikah Akhir Dari Huawei?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mencari trafik tinggi dengan ckickbait? “Apa itu clickbait? Kenapa orang-orang pakai clickbait demi dapat trafik tinggi? Pentingkah clickbait?” Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sering terngiang di kepala saya, atau mungkin Anda juga? Semenjak orang-orang pada tahu kalau dengan bermain internet saja kita bisa menghasilkan uang, banyak orang-orang yang tertarik untuk ikut serta. Dengan mengupload…

Miko Yotsuya Mieruko-chan Harga Action Figure Kimetsu no Yaiba Kamado Tanjirou Tokopedia Jujutsu Kaisen 0 Movie Anime Citrus Season 2 Aplikasi Fujoshi? Coba Cek Ini!