Nintendo Switch Lite Siap Meluncur! Inilah Informasi Harga Dan Spesifikasinya

  • by

Nintendo Switch Lite – Nintendo telah memperkenalkan konsol baru yang melengkapi seri Nintendo Switch, Nintendo Switch Lite. Konsol bernama Nintendo Switch Lite ini dijual dengan harga lebih terjangkau daripada versi biasa.

Sebuah video pendek, General Producer Nintendo Switch, Yoshiaki Koizumi, mengatakan Nintendo Switch Lite dibuat khusus untuk perangkat genggam.

Ini berarti bahwa konsol hanya dapat dimainkan dengan tangan, meskipun tidak dapat dihubungkan ke televisi.

Menurut Koizumi, ini tentu salah satu perbedaan antara Switch Lite dan versi reguler Switch. Sesuai namanya, fitur dan spesifikasi Nintendo Switch Lite memang lebih rendah dan kurang dari pendahulunya.

Selain ketidakmampuan untuk terhubung ke televisi, joystick Nintendo Switch Lite tidak dapat dipasang-cabut layaknya joystick pada versi Switch biasa. Akibatnya, jika pengguna ingin bermain game dengan dua pemain, mereka harus membeli joystick tambahan Nintendo Switch reguler.

Meski begitu, Nintendo telah menyiapkan serangkaian perbaikan untuk Switch Lite. Karena pengontrol Joy-Con tidak lagi dijual terpisah, tampilan Switch Lite terasa lebih kuat.

Menurut Nintendo, masa pakai baterai Lite lebih awet, disebabkan oleh tata letak chip yang meningkatkan efisiensi data perangkat dan pengontrol default tidak memiliki baterai tambahan.

Tidak hanya itu, Nintendo memastikan bahwa Lite dirilis dalam berbagai warna matte mulai dari kuning, abu-abu, dan pirus. Selain itu, Nintendo Switch Lite juga akan dirilis dalam edisi khusus Pokemon Sword and Shield.

Sejauh menyangkut spesifikasi, perangkat ini dilengkapi dengan layar sentuh 5,5 inci. Bezel dan beberapa ventilasi terbuat dari pita berwarna yang sesuai dengan warna perangkat keras.

“Konsumen bisa memiliki sistem konsol gim terbaik yang sesuai dengan judul gim Nintendo Switch favorit mereka,” ungkap presiden Nintendo Amerika, Doug Bowser seperti dilansir AFP.

Rekomendasi  Baca! Cara Menonaktifkan Aplikasi Sosial Media Sementara Di Android

Selain beberapa fitur yang tercantum di atas, ada banyak perbedaan dalam desain Nintendo Switch Lite. Nintendo mengurangi bobot konsol ini, sehingga nyaman untuk dimainkan dengan genggaman.

Melansir KompasTekno dari The Verge pada hari Kamis, (11/7/2019), Nintendo Switc Lite mengusung layar lebar 5,5 inci. Ukuran ini lebih kecil dari Switch reguler yang selebar 6,2 inci.

Fitur konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC masih tersedia di konsol ini.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, Nintendo telah menjual sedikitnya 35 juta unit di seluruh dunia. Nomor ini menjadikan peralihan sebagai salah satu konsol terlaris Nintendo.

Nintendo Switch Lite akan dirilis pada pertengahan September 2019. Dilaporkan bahwa harga Nintendo Switch Lite berkisar dari $ 199 (sekitar 2,8 juta rupiah). Bandingkan harga untuk Nintendo Switch seharga $ 300 (Rp 4 juta).

“Ini adalah kesempatan sempurna bagi kami untuk menawarkan lebih banyak pilihan dan untuk membawa lebih banyak konsumen ke Nintendo Switch,” jelas Bowser.

Sumber: Kompas Tekno, CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *